Mengenal Jajanan Sewel Khas Bangkalan: Enak, Renyah dan Krispy

Mengenal Jajanan Sewel Khas Bangkalan: Enak, Renyah dan Krispy
Mengenal Jajanan Sewel Khas Bangkalan, Enak, Renyah dan Krispy
Mengenal Jajanan Sewel Khas Bangkalan: Enak, Renyah dan Krispy

BANGKALAN, SINERGI MADURA -- Setiap daerah memiliki kuliner yang beraneka ragam jenisnya. Tak terkecuali jajanan sewel khas Socah Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur.

Salah seorang penjual sewel, Murniyati, mengungkapkan cara dan proses pembuatan jajanan khas Kabupaten Bangkalan ini.

"Cara pembuatan jajan sewel adalah cukup disiapkan beberapa bahan-bahan dasar seperti tepung kanji, bawang putih, garam, penyedap dan udang atau ikan laut tergantung selera saja," ungkapnya kepada Sinergi Madura, Minggu (7/6/2020).

Langkah selanjutnya adalah meracik bumbu kemudian menakar berapa ukuran tepung, bumbu dan udang yang akan dibuat, lalu disesuaikan dalam porsi jajanan sewel.

"Bumbu dan udang atau ikannya di blender lalu tuangkan air ke dalam wadah blender, diaduk sampai halus. Kalau bisa jangan terlalu banyak air dan jangan terlalu kurang air juga, nanti berpengaruh ke tekstur sewelnya," terangnya.

Ia menyebutkan, jajanan sewel ada dua jenis. Yaitu, sewel kukus dan sewel goreng, semuanya tergantung selera dan permintaan konsumen. 

"Kalau dikukus memang pembuatannya agak lama, tapi sepertinya yang paling diminati oleh orang-orang (adalah) sewel yang digoreng, soalnya teksturnya ada kriuknya gitu, tapi tetap empuk pas dimakan," ucapnya.

Sementara itu, menurut salah seorang pembeli, Haqqi Ashiddiqi (25) mengatakan, jajanan sewel di Daerah Socah yang paling digemari adalah sewel udang. Selain renyah rasanya juga enak dan krispy.

"Biasanya dijual di warung ibu-ibu yang jualan rujak, karena buat pelengkap rujak juga bisa, makanan yang gak ada matinya lah. Apalagi kalau sudah dimakan rame-rame bareng keluarga atau teman-teman," tuturnya.

Ia menjelaskan sebenarnya jajanan ini bisa ditemukan di manapun, tidak harus di Kecamatan Socah. Di Desa Tajungan dan Desa Kejawan Kecamatan Kamal juga ada.

"Banyak jenis jajanan sewel di setiap desa, jajanan ini juga bisa dimakan dengan sambal petis asin atau bisa dengan saos yang ada di pasar," imbuhnya.

Ia berharap jajanan sewel bisa terkenal di mata masyarakat luas, tak hanya masyarakat Bangkalan tetapi juga kepada masyarakat luar daerah.

"Semoga jajanan ini tetap eksis, intinya jajanan sewel menjadi kebanggaan produk dari desa kami sebagai bagian dari roda ekonomi di Bangkalan," tukasnya menutup perbincangan. [sf/an/yy]