Pasang

Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Lidah Buaya

  • Bagikan
Tanaman lidah buaya
Tanaman lidah buaya. (Foto: pixabay.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Lidah Buaya atau yang dikenal Aloe vera merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia.

Tanaman yang berasal dari Benua Afrika ini sudah banyak dimanfaatkan untuk kecantikan, seperti menghitamkan rambut hingga melembabkan kulit, bahkan mampu mengatasi masalah pencernaan.

Pasang

Selain dimanfaatkan untuk perawatan dan kesehatan tubuh, kamu juga bisa memanfaatkan untuk dekorasi ruangan maupun halaman rumah.

Oleh karena itu, ada berbagai jenis tanaman Aloe vera yang penting untuk kamu ketahui, hal ini supaya kamu tidak salah dalam pemanfaatannya.

Apa saja? Yuk, simak jenis-jenis Aloe Vera atau lidah buaya berikut, sebagaimana dirangkum Sinergi Madura dari berbagai sumber.

Baca Juga: Khasiat Bambu Kuning Menurut Kepercayaan Masyarakat Madura

1. Aloe albiflora

Aloe albiflora
Aloe albiflora (Foto: Istimewa)

Aloe albiflora salah satu jenis Aloe vera yang berukuran kecil berwarna hijau keabuan dengan bintik-bintik putih. Tanaman ini memiliki bunga berwana putih seperti bunga bakung, namun ukurannya lebih kecil.

Bunga tersebut bisa mekar sepanjang tahun tanpa terpengaruh musim. Ukurannya yang kecil dan bisa menghasilkan bunga, Aloe albiflora ini bisa kamu jadikan tanaman hias di dalam rumah.

2. Aloe ballyi

Aloe ballyi
Aloe ballyi (Foto: Istimewa)

Aloe ballyi ini berbeda dari sebelumnya, jenis ini terdaftar sebagai tanaman yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Tanaman endemik Kenya ini dapat tumbuh hingga 8 meter dengan batang tunggal berdiameter sekitar 15 cm. Aloe ballyi mengandung antrakuinon yang bermanfaat untuk pencernaan dan dapat digunakan untuk pewarna tekstil.

Baca Juga: Daun Sirsak Obat Tradisional, Ampuh Mengobati Berbagai Penyakit

3. Aloe bakeri

Aloe bakeri
Aloe bakeri (Foto: Istimewa)

Berbeda dari jenis lidah buaya sebelumnya, Aloe bakeri merupakan tanaman asli Madagaskar yang hidup pada ketinggian 0 sampai 500 mdpl. Ukurannya sukup kecil, sekitar 10 sampai 20 cm dengan lebar bisa mencapai 40 cm.

Seperti kebanyakan lidah buaya, Aloe bakeri ini juga berbintik putih namun warna daunnya bisa hijau kemerahan. Selain itu, tanaman ini juga menghasilkan bunga dengan warna oranye dengan ujung hijau yang indah.

4. Aloe aristata

Aloe aristata
Aloe aristata (Foto: Istimewa)

Aloe aristata ini memiliki beberapa sebutan yaitu Lace aloe, Torch plant dan Guinea-fowl aloe. Warna hijau tua dengan bintik putih pada daunnya dan bunga di tengah memberikan daya tarik tersendiri.

Lidah buaya jenis ini salah satu paling cantik dan dapat dijadikan hiasan di dalam rumah karena ukurannya yang cukup kecil.

5. Aloe marlothii

Aloe marlothii
Aloe marlothii (Foto: Istimewa)

Aloe albiflora memiliki keunikan tersendiri dan lebih mudah diketahui dari ukuran dan ciri khasnya. Lidah buaya bertangkai tunggal ini bisa tumbuh mencapai 6 meter dengan daun yang cukup lebar dibanding jenis lainnya.

Di samping itu, duri atau gerigi di tepi daunnya bisa berwarna kemerahan. Bahkan bunga yang dihasilkannya tumbuh menyamping dari sela-sela daun. Bunganya berwarna oranye, kuning atau merah dan lebih banyak dari lidah buaya pada umumnya.

6. Aloe nobilis

Aloe nobilis
Aloe nobilis (Foto: Istimewa)

Aloe nobilis bisa menjadi pertimbangan selain untuk dekorasi dalam ruangan. Keunikan tersendiri yang dimilikinya, yaitu tepi daunnya akan memerah ketika terpapar sinar matahari.

Namun, lidah buaya satu ini tidak dapat hidup pada suhu yang terlalu panas maupun terlalu banyak air. Tanaman ini membutuhkan pencahayaan secukupnya dengan drainase berupa tanah berpasir atau berbatu.

7. Aloe barberae

Aloe barberae
Aloe barberae (Foto: Istimewa)

Berbeda dari lidah buaya pada umumnya, Aloe barberae merupakan salah satu jenis Aloe terbesar di Afrika Selatan. Ukuran tingginya bisa mencapai 18 meter dan berdiameter 3 meter dengan daun-daun soliter.

Selain itu, bunga berwarna oranye yang dihasilkan akan muncul di antara daunnya. Biasanya bunga tersebut akan tampak pada bulan Mei dan Juni.

Pantas saja semua jenis lidah buaya tidak boleh tergenang air atau disiram dengan terlalu banyak air.

Tanaman yang berasal dari Benua Afrika sudah beradaptasi dengan iklim kering, sehingga memiliki daun seperti jarum untuk mengurangi penguapan. Selain itu, batangnya juga mampu menyimpan banyak cadangan air.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kalau Aloe vera tidak hanya merupakan tanaman 1000 manfaat tapi juga memiliki beragam jenis.

Itulah jenis-jenis Aloe vera atau ludah buaya, Sinergi Lovers jangan sampai salah mengenal manfaatnya, ya!

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *