Pasang

Mengenal Kucing Busok Madura, Jenis Leopard Langka dari Pulau Madura

  • Bagikan
Kucing Busok pulau Raas, Sumenep, Madura (Foto: [email protected]_thebusokcat)

LIFESTYLE, SINERGI MADURAKucing Busok sejenis hewan endemik yang sangat dilindungi oleh masyarakat Madura, satwa ini hanya ada di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep.

Pulau karang seluas 39 kilometer persegi ini dapat ditempuh selama 5-6 jam perjalan laut dari Pelabuhan Kalianget, Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Madura.

Pasang

Masyarakat Madura sampai melarang kucing ini keluar dari habitat aslinya di Pulau Raas. Tujuannya agar kemurnian hewan yang mirip kucing hutan itu terjaga.

Dilansir Sinergi dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri kucing busok khas pulau Raas Madura.

Baca Juga: Cerita Mistis Museum Cakraningrat Bangkalan Madura, Sering Ada Bisikan Gaib

Secara marfologi bentuk wajah dan postur kucing busok sepintas mirip hewan leopard dan kucing hutan serta lebih besar dari kucing kampung.

Telinganya berdiri tegak panjang dan runcing, cenderung tajam dan agak mencuat ke atas. Serta memiliki rambut pendek dan halus.

Warna rambut mirip dengan bulu Russian blue dan British shorthair, yaitu abu-abu kebiruan polos.

Telapak kaki lebih gelap dibanding warna bulu dan memiliki ekor cenderung pendek.

Hidungnya berukuran sedang dan sedikit melengkung ke bawah di atas kulit hidung, mirip seperti hidung singa. Sedangkan, bentuk mukanya agak persegi di bagian atas serta agak lancip di bagian dagunya.

Kucing jenis ini sudah sangat langka meskipun di habitatnya, kadang hanya lahir satu anak kucing Busok dalam setahun.

Pada tahun 1900-an masyarakat pernah menjadikan kucing busok sebagai hadiah atau cinderamata kepada tamu istimewa yang berkunjung ke Madura.

Namun, karena semakin langkanya keberadaan kucing itu di habitat aslinya, Pemerintah Kabupaten Sumenep pun melarang hal tersebut. Bahkan kucing tersebut juga dilarang untuk dibawa pergi ke luar pulau Raas.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *