Mengenal Nasi Goreng Cumi Tante Joy, Lezat dan Bersahabat

Mengenal Nasi Goreng Cumi Tante Joy, Lezat dan Bersahabat
MAKNYUS: Nasi goreng cumi siap menggoyang lidah (Sri Astutik – Sinergi Bangkalan)

BANGKALAN, SINERGI MADURA - Pada umumnya nasi goreng berwarna merah atau coklat. Namun berbeda dengan nasi goreng yang terletak di Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Nasi goreng yang satu ini disebut nasi goreng cumi, olahan khas warung Tante Joy. Perpaduan olahan cumi yang identik dengan warna hitam dan nasi goreng yang renyah membuat warna dan rasa nasi goreng yang satu ini berbeda dari yang lain.

Juhairiyah, pemilik warung nasi goreng cumi menjelaskan, usaha yang dirintisnya sejak empat tahun silam tersebut berawal dari ide sederhana untuk memadukan nasi goreng biasa dengan nasi cumi. Sebab, mertuanya saat itu memang dagangan cumi. Sehingga ide tersebut muncul dan ia kembangkan.

Berjalan selama empat bulan kemudian, ia berhasil memadukan komposisi yang pas untuk disatukan. Alhasil, nasi goreng cumi ala Tante Joy kini ramai dan diburu oleh penikmat kuliner di kabupaten berjuluk Kota Zikir dan Salawat.

Baca Juga: Kendaraan Pelat Merah Banyak Nunggak, Dishub Sampang Gelar Operasi

"Pertama, mertua di rumah beli cumi terus dibikin nasi goreng. Terus ada ide kaya gitu tak bikin dagang aja gitu. Tapi Alhamdulillah sekarang mulai viral," ujarnya kepada media ini, Senin (16/11/2020).

Meskipun lokasi warung terletak di pinggir jalan, namun tidak pernah sepi dari pelanggan. Lokasi warung tersebut berada di pertigaan Pasar Blega, Bangkalan. Biasanya dibuka sejak pukul 05.00 hingga 20.00 WIB.

Untuk seporsi nasi goreng cumi, Tante Joy membandrol dengan harga Rp 20.000 rupiah. Selain nasi goreng cumi, warung ini juga menjual Bakso, Mie Ayam, Nasi Bebek, Rujak Soto, Kaldu Kikil dan lain-lain. Namun, untuk saat ini nasi goreng cumi masih menjadi primadona warga.

"Dari Tanah Merah, ada yang dari Bangkalan, dari luar Alhamdulillah datang ke sini," ucapnya.

Pemilik sekaligus istri Kepala Desa Panjalinan ini juga menyebut nama warung tante Joy diambil dari nama sapaan akrabnya. "Soalnya yang lagi viral Tante Joy, soalnya orangnya kecil, langsing, cantik lagi. Temen-temen manggil Joy, ya Alhamdulillah panggilan Tante Joy aja," tukasnya.

Salah satu pelanggan nasi goreng cumi, Samsul Arifin mengatakan, dirinya sering mampir di warung Tante Joy untuk menikmati nasi goreng cumi. Menurutnya, rasa dan tekstur nasi yang renyah ditamabah bumbu cumi yang pas di lidah bisa membuat siapapun ketagihan.

"Sering makan di sini, menurut saya rasanya enak, gurih, cuminya juga enak, ga menguras kantong juga," katanya. (sa/an/fd)


(*)