Pasang

Mengenal Pajhudhun, Rumah Burung Dara di Madura yang Mulai Punah

  • Bagikan
Pajhudun sangkar burung dara yang tinggi menjulang (Foto: Brisik.id/Sigit Candra) Lesmana
Pajhudun sangkar burung dara yang tinggi menjulang (Foto: Brisik.id/Sigit Candra) Lesmana

BUDAYA, SINERGI MADURAPajhudun adalah sejenis sangkar burung yang hanya ada di Pulau Madura. Tidak semua jenis burung bisa di tempatkan di dalam sangkar ini.

Pajhudun oleh orang Madura hanya diperuntukkan bagi burung unggas jenis burung dara. Seiring perkembangan zaman, keberadaan Pajhudun mulai hilang.

Pasang

Hal demikian dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya minat masyarakat Madura untuk memelihara burung dara mulai berkurang.

Berkurangnya minat masyarakat untuk memelihara kembali burung dara ini pun bukan tanpa alasan. Memelihara burung dara harus rela menyisihkan jagung yang ada di dapur untuk pakan burung piaraannya tersebut.

Baca Juga: Daun Delima Putih di Madura Dipercaya Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, memelihara burung dara hanya sebatas hobi. Belum ada inisiatif untuk mendatangkan penghasilan yang besar. Sehingga keunikan Pajhudhun pun semakin menghilang.

Pada zaman dulu, memelihara burung dara menciptakan keunikan tersendiri bagi masyarakat Madura. Pajhudhun mudah di temukan di setiap halaman rumah warga.

Umumnya, Pajhudhun ini ditempati oleh burung dara yang sudah siap kawin. Selaras dengan istilahnya, dalam bahasa Madura Pajhudhun berasal dari kata Jhuduh (jodoh).

Meski burung dara yang lain juga tinggal di sangkar tersebut, Pajhudhun ini nantinya juga sebagai tempat bertelur burung dara betina.

Biasanya, masyarakat Madura dalam membuat Pajhudhun menggunakan bahan dari kayu dan bambu kemudian dirakit menggunakan paku.

Atap Pajhudhun didesain mirip rumah manusia menggunakan genteng tanah liat. Keunikan dari sanggar tersebut semakin tampak dan sangat khas.

Terdapat dua macam jenis Pajhudun yang biasa ditemui kala itu. Jenis pertama, Pajhudhun memiliki ketinggian seukuran manusia. Kemudian yang kedua, terdapat Pajhudhun yang tinggi menjulang.

Desain Pajhudun dengan ukuran tinggi ini biasanya lebih disukai oleh burung dara karena akan mempermudah burung tersebut ketika akan terbang serta dapat melihat alam bebas dari ketinggian.

Pemilik Pajhudun dengan ukuran tinggi menjulang harus menaiki tangga ketika akan memberi pakan dan minum kepada burung piaraannya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *