Pasang

Mengenal Perbedaan Siput dan Bekicot, Ini Cirinya

  • Bagikan
Bekicot
Bekicot perumahan. (Foto: pixabay.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Banyak orang yang menganggap siput dan bekicot adalah hewan yang sama. Padahal keduanya adalah jenis hewan yang berbeda.

Pada dasarnya, siput dan bekicot memang berasal dari kelas yang sama, yakni gastropoda atau hewan yang berjalan dengan perutnya.

Pasang

Karena berasal dai satu kelas, kedua hewan ini punya banyak kesamaan. Terutama pada bagian kepalanya. Kepala siput dan bekicot sangat mirip, mereka sama-sama punya dua pasang tentakel.

Tentakel pertama berfungsi sebagai wadah matanya. Kalau tentakel kedua ada di samping mulutnya berfungsi untuk mendeteksi sesuatu.

Baca Juga: Inilah Kandungan Nutrisi Daging Bekicot yang Wajib Anda Ketahui

Hewan ini juga sama-sama mengeluarkan lendir untuk melindungi tubuhnya dari benda yang ada di atas tanah. lendir itulah yang membuat tubuh siput dan bekicot tidak mudah terluka saat berjalan di atas tanah.

Baca Juga: 3 Manfaat Bekicot, Salah Satunya Bisa Mengatasi Kekurangan Gizi

Namun, meski punya banyak kesamaan, kedua hewan bertubuh lunak ini tetap punya perbedaan, lo!

Apa perbedaan siput dan bekicot? Dikutip Sinergi Madura dari berbagai sumber, berikut adalah dua perbedaan siput dan bekicot.

Baca Juga: Tips Aman Mengonsumsi Bekicot yang Kaya Gizi

Cangkang

Siput tidak punya cangkang di punggungnya, sedangkan bekicot punya cangkang pada punggungnya.

Cangkang pada bekicot berfungsi sebagai alat pelindung. Karena tidak punya cangkang, siput lebih sering bersembunyi di balik daun, batu, atau kayu yang ada di atas tanah.

Warna

Siput punya warna yang cukup beragam, mulai dari kuning cerah, abu-abu, hingga hitam. Beberapa siput juga punya bintik atau motif garis-garis di tubuhnya.

Sedangkan bekicot, tubuhnya berwarna abu-abu. Namun, cangkang mereka bisa berwarna putih, cokelat, hingga hitam. Cangkang bekicot juga punya motif bintik-bintik atau garis-garis.

Itulah dua hal besar yang membedakan siput dan bekicot. Semoga bermanfaat bagi Sinergi Lovers.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *