Pasang

Mengenal Pohon Estetik Bonsai Cemara Udang dari Pulau Madura

  • Bagikan
Bonsai mini cemara udang (Foto: senibonsai.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Pohon cemara udang banyak ditemukan di Pulau Madura, Jawa Timur, terutama di tempat wisata pantai lombang yang terletak di Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep.

Pohon cemara udang biasanya memiliki tinggi rerata 4-5 meter. Pohon indah dengan dahan melengkung mirip udang ini sangat langka dan jarang ditemukan di dunia.

Pasang

Selain memiliki manfaat untuk mencegah abrasi pantai, sebagai penangkis ombak sekaligus penahan angin pantai. Dalam faktanya memang pohon cemara udang merupakan tanaman khas yang sangat estetik.

Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Jadi Kabupaten Sumenep Madura

Sehingga tak heran, seiring perkembangannya, cemara ini juga banyak disulap menjadi tanaman hias, seperti bonsai yang dikirim ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri dengan harga jual yang sangat fantastis.

Ciri khas bonsai cemara udang, memiliki batang berliku-liku dan dikombinasikan dengan dedaunan bergerombol. Jika dilihat sekilas maka daun-daunnya akan mirip seperti gumpalan awan, bedanya adalah warnanya yang hijau.

Jika dibandingkan dengan berbagai jenis bonsai yang lain, maka ukuran bonsai Cemara udang bisa dikatakan sedikit lebih besar dari yang lain, terutama dari bentuk umum bonsai serut.

Meski demikian, bonsai yang banyak ditemukan di desa Lombang ini ada juga yang berukuran kecil, jenis yang satu ini seringkali dijadikan hiasan di luar rumah atau di taman.

Cara untuk merawat bonsai ini relatif mudah, yaitu tidak dianjurkan terlalu sering mengganti media yang digunakan, sebagaimana yang biasanya dilakukan untuk jenis bonsai lainnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *