Menimbang Kebijakan Lockdown

Menimbang Kebijakan Lockdown
Sumber foto: www.disway.id
Menimbang Kebijakan Lockdown
Oleh: Ahmad Fauzan Rofiq *)

OPINI, Sinergi Madura - Jika lockdown diterapkan di saat yang tidak tepat, maka dampak negatifnya akan lebih besar dari pada penyebaran virus corona itu sendiri. Dalam hal ini, langkah tidak tergesa-gesa Presiden Jokowi sudah sangat tepat. Tentunya ia sudah mempertimbangkan secara matang berdasarkan maslahat dan mafsadatnya.

Bayangkan, jika lockdown diterapkan, maka aktivitas ekonomi akan melambat, atau bahkan bisa jadi terhenti, sehingga akan terjadi kelumpuhan ekonomi, dan pada akhirnya mengarah pada chaos.

Apalagi disinyalir bahwa isu virus corona itu sebenarnya adalah 'permainan'. Diduga virus itu sengaja diciptakan sebagai alat untuk 'menyerang' suatu negara agar ekonominya lumpuh.

Kita tahu bahwa saat ini Amerika Serikat (AS) sedang terlibat dalam perang dagang yang sangat sengit dengan China. Laju ekonomi dan teknologi China sangat pesat pertumbuhannya, yang mana hal ini ternyata mebuat AS sebagai negara adidaya merasa waswas, khawatir akan dilampaui oleh China.

Untuk menggunakan kekuatan militer dalam menekuk China, rasanya tidak mungkin dilakukan AS, mengingat China merupakan negara dengan kekuatan militer terkuat ketiga di dunia. Oleh karena itu, AS menggunakan soft power, yakni virus corona. 

Bahkan, belakangan ada bocoran dari internal CIA bahwa virus tersebut merupakan proyek rahasia antara AS dengan Israel untuk melumpuhkan lawan. Modusnya adalah dengan mengirimkan seorang martir ke China yang telah terinfeksi virus kemudian berinteraksi dengan orang-orang sebanyak-banyaknya. Jika ini benar, betapa culasnya kedua negara ini.

Di sini semakin kelihatan bahwa virus corona itu memang 'permainan' AS untuk melumpuhkan negara-negara yang pertumbuhan ekonominya dinilai pesat. Artinya, AS tidak ingin punya saingan ekonomi dan teknologi apalagi dari dunia ketiga.

Alhasil, jika Indonesia terlalu gegabah dalam menerapkan lockdown secara nasional, maka yang akan mengambil keuntungan secara ekonomi adalah AS.

Jadi, apa yang harus dilakukan dalam mengantisipasi penyebaran virus corona itu? Jika penyebarannya belum masif, maka cukup dengan menjaga kesehatan dan pola hidup sehat, seperti sering mencuci tangan, tidak berdekatan dengan orang yang sedang pilek atau batuk, rajin berwudlu', dan perbanyak berdoa.


* ) Penulis adalah alumni Ponpes. Annuqayah Latee. Saat ini sedang mengemban amanah sebagai Pengasuh LPI Babul Ulum Nyalaran. Selain itu, Fauzan sapaan akrabnya, kini sedang mengabdi sebagai pengampu materi Tafsir Ayat Ahkam di STAI Miftahul Ulum Pamekasan.