Pasang

Menjelang HUT ke-76 RI, Lapsustik Pamekasan Usulkan Remisi Ratusan WBP

  • Bagikan
GAGAH: Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Sohibur Rachman (Dok. Sinergi Madura)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Jawa Timur mengusulkan remisi ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Shohibur Rohman mengatakan, pihaknya memang mempersiapkan data warga binaan yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan remisi sesuai dengan perintah Undang-undang.

Pasang

“Per hari ini ada sebanyak 1.043 orang yang menjalani pidana di Lapas Narkotika Pamekasan,” katanya, Selasa (10/8/2021).

Dari jumlah tersebut, kata dia, terdapat 659 yang akan yang diusulkan mendapatkan remisi dengan besaran remisi yang berbeda-beda. Ada dua kategori remisi yang akan didapat oleh WBP, yaitu remisi umum pertama dan remisi umum kedua.

“WBP yang akan mendapat remisi umum pertama total sebanyak 640 orang dengan rincian warga binaan yang mendapat remisi satu bulan sebanyak 14 orang,” sebutnya.

“Dan 2 bulan setelahnya sebanyak 218 orang, 3 bulan sebanyak 224, 4 bulan sebanyak 118, 5 bulan sebanyak 65 orang, dan 6 bulan sebanyak 1 orang,” imbuh Shohibur.

Sementara bagi remisi umum kedua rinciannya 3 bulan sebanyak 1 orang, 4 bulan sebanyak 11 orang, 5 bulan sebanyak 6 orang dan 6 bulan sebanyak 1 orang. Sehingga total keseluruhan warga binaan yang mendapat remisi 659.

“Persyaratan bagi warga binaan yang mendapat remisi ialah bagi warga binaaan yang menjalani pidana minimal 6 bulan, berkelakuan baik selama di Lapas,” tegasnya.

“Namun ada beberapa WBP kami yang tidak mendapat remisi karena tidak memenuhi persyaratan,’’ sambungnya.

Untuk diketahui, selama pandemi COVID-19, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan tidak melayani kunjungan tatap muka oleh keluarga. Namun, tak menyurutkan niat, kini Lapsustik Pamekasan membuat inovasi aplikasi “Gagak Lancor” yang bisa dimanfaatkan oleh keluarga.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *