Pasang

Mewakili Jawa Timur, Siswi SMPN 2 Pamekasan Madura Ini Raih Tiket Kompetisi Sains Nasional 2021

  • Bagikan
Mewakili-Jawa-Timur,-Siswi-SMPN-2-Pamekasan-Madura-Ini-Raih-Tiket-Kompetisi-Sains-Nasional-2021
BANGGA: Kadisdikbud Achmad Zaini menyrahkan penghargaan kepada siswi berprestasi SMPN 2 Pamekasan (Ainur Rizky - Sinergi Pamekasan)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Predikat yang disandang Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sebagai ‘Kabupaten Pendidikan’ dari dulu rupanya bukanlah isapan jempol semata.

Terbukti, salah satu pelajar SMPN 2 Pamekasan Madura, tahun ini kembali berhasil menorehkan prestasi dan mewakili Jawa Timur dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021.

Pasang

Adalah Chamisa Laylani, siswi SMPN 2 Pamekasan ini berhasil menorehkan ‘predikat terbaik’ di sisi akademik, khususnya capaian prestasi di bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA di tingkat Provinsi Jawa timur.

Chamisa diinyatakan berhak mewakili Jawa Timur dalam KSN 2021 setelah dirinya berhasil menjuarai lomba khusus mata pelajaran eksakta pada Kompetisi Sains jenjang Provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Achmad Zaini, mengatakan, Chamisa Laylani telah mengikuti seluruh tahapan kompetisi yang diadakan oleh Kemdikbud dan Ristek Dikti RI

“Mulai dari tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan terakhir (nanti) tingkat nasional. Karena pandemi, pelaksanaan diadakan secara online,” ungkap Kadisdik Zaini kepada sejumlah media, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Bupati Pamekasan Madura Rayakan HSN 2021 bersama Santri dan Seluruh Organisasi Keagamaan

Secara teknis, terang dia lebih lanjut, para peserta di tingkat kabupaten pada seleksi tahap 1 terdiri dari beberapa perwakilan sekolah atau lembaga pendidikan yang tersebr di Pamekasan.

“Pada tahap pertama (tingkat kabupaten) itu adalah lomba mata pelajaran, masing-masing sekolah mengirimkan 3 siswa terbaiknya,” urainya.

Dari hasil seleksi tingkat kabupaten tersebut, sambung dia, selanjutnya dipilih 5 peserta terbaik dari masing-masing kabupaten se Jawa timur untuk mengikuti tahap ke-2 di tingkat provinsi.

“Alhamdulillah, SMPN 2 Pamekasan berhasil meraih tiket ke tingkat Nasional (tahap 3, red) pada mata pelajaran IPA,” sebutnya penuh syukur.

Kadisdik Akhmad Zaini mengaku sangat bangga atas terpilihnya siswi SMPN 2 Pamekasan sebagai salah satu wakil Jawa Timur dalam KSN 2021.

“Chamisa ini satu-satunya yang menjadi wakil dari Madura sekaligus mewakili Jawa Timur. Tentu ini sangat membanggakan, jadi kebanggaan tersendiri untuk Pamekasan,” katanya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *