Pasang

Minuman Manis Penghangat Badan, Ini Resep Wedang Kobhu Madura

  • Bagikan
Minuman Manis Penghangat Badan, Ini Resep Wedang Kobhu Madura
Minuman Wedang Kobhu (Foto: [email protected])

KULINER, SINERGI MADURA – Bila Anda memiliki agenda berkunjung ke Pulau Madura, jangan lupa untuk mencicipi minuman Weddang Kobhu.

Minuman ini merupakan warisan turun temurun dari daerah Bangkalan. Jenis minuman yang satu ini cukup unik karena menyerupai wedang jahe.

Pasang

Weddang Kobhu bisa dinikmati saat dingin maupun dalam keadaan hangat. Minuman ini juga memiliki aroma serai yang khas dan memberi sensasi rempah ketika diminum.

Nah, buat kalian yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut Mimin kasih tahu resep dan cara membuatnya ya.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

750 ml air kelapa muda, 100 gram gula aren, 1 sendok makan gula pasir, 1 batang serai di geprek, 50 gram jahe di geprek, 2 lembar daun pandan, kelapa muda, cincau atau cao.

2. Campurkan semua bahan dan masak hingga mendidih

Langkah pertama siapkan semua bahan, masukkan air kelapa muda, gula aren, batang serai, jahe, daun pandan, dan gula pasir ke dalam panci. Kemudian masak sampai gula aren mencair dan air mendidih.

Baca Juga: Tajhin ‘Mera Pote’, Makanan Tradisi Masyarakat Madura di Bulan Safar

Berikutnya koreksi rasanya, jika dirasa kurang manis bisa tambahkan gula secukupnya. Setelah itu, tunggu beberapa saat, baru kemudian matikan kompor.

3. Saring air rebusan bahan-bahan

Langkah berikutnya, ketika semua bahan sudah direbus, lalu saring dan buang ampas gula arennya saja. Sementara untuk jahe, daun salam, dan batang serainya tetap biarkan dalam air rebusan. Tunggu sampai cairan gula arennya dingin.

4. Menyiapkan bahan penyajian

Langkah selanjutnya, siapkan bahan penyajian yang berupa cairan gula aren, daging kelapa muda, dan cincau. Siapkan juga wadah atau gelas untuk tempat penyajian.

5. Sajikan wedang kobbuh

Kemudian cara penyajiannya, langkah pertama campur kelapa muda dan cincau ke dalam gelas. Tuang cairan gula aren dan kobbhu pun siap untuk disajikan. Bisa juga ditambahkan es untuk sajian yang lebih segar.

Dengan rasa gula aren dan campuran rempah-rempah di atas, membuat sensasi segar saat menyantapnya. Sangat pas disantap pada siang hari saat cuaca panas.

Jadi kamu nggak perlu khawatir lagi gimana caranya bisa nyobain rasa Weddang Kobbhu. Sekarang kamu sudah bisa bikin sendiri di rumah tanpa harus jauh jauh datang ke Madura. Semoga resep ini bermanfaat.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *