Pasang

Nasi Jagung Kuah Daun Kelor, Menu Makan Sederhana Orang Madura

  • Bagikan
Nasi Jagung Kuah Daun Kelor, Menu Makan Sederhana Orang Madura
Sajian makanan nasi jagung (Foto: Cookpad.vom)

KULINER, SINERGI MADURA – Menu makanan sederhana yang cukup terkenal di lidah orang Madura, yaitu nasi jagung kuah maronggi (daun kelor).

Meski terbilang sederhana dan identik dengan makanan rakyat, masakan ini sangat digemari oleh semua kalangan, dari orang tua hingga anak muda.

Pasang

Tidak hanya di desa, makanan yang satu ini juga banyak ditemukan di perkotaan. Biasanya makanan berwarna merah kekuningan ini disediakan di warung atau rumah makan sederhana.

Sejak dulu, nasi jagung menjadi salah satu makanan pokok di Pulau Garam. Biasanya menu makanan rakyat tersebut dibuat ibu rumah tangga di masing-masing rumah.

Baca Juga: 7 Situs Cagar Budaya di Pulau Madura

Selain jagung, ada campuran beras putih, sehingga masakan nasi tersebut terlihat unik dan rasanya lezat. Menurut keyakinan orang kuno, nasi jagung jika di makan membuat perut cepat kenyang dan tahan lapar, ketimbang nasi putih yang dari beras.

Nasi jagung kuah maronggi ini biasanya disajikan dengan bumbu atau sambal yang dicampur dengan irisan mangga dan sambal yang terbuat dari ranti (tomat).

Adapun lauknya, nasi jagung sayur maronggi cenderung disajikan dengan ikan laut, baik ikan tongkol maupun pindang dan lainnya. Sehingga, membuat rasa makanan tradisional ini menjadi lebih nikmat.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *