Pasang

Nasi Kacang, Makanan Sederhana Warga Sumenep Madura

  • Bagikan
Nasi Kacang, Makanan Sederhana Warga Sumenep Madura
Masakan nasi kacang (Subaidi - Sinergi Sumenep)

KULINER, SINERGI MADURAMadura dikenal sangat kaya akan kulinernya yang khas dan unik, baik berupa jajanan maupun makanan yang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Di Pulau Madura, Kabupaten Sumenep misalnya, salah satu kuliner kebanggaannya adalah nasi kacang gude atau kacang kayu, begitu masyarakat Dungkek menyebutnya.

Pasang

Makanan sederhana khas Kota Sumekar ini terdiri dari bahan dasar kacang kayu berserta campuran jagung. Kedua komposisi makanan pokok ini dimasak atau ditanak seperti pada nasi umumnya.

Olahan nasi kacang sendiri tidak disajikan setiap hari, aka tetapi hanya dikonsumsi oleh kalangan orang tertentu yang dibuat dengan sederhana.

Biasanya nasi kacang banyak ditemukan di kalangan kelurga senderhana di pelosok desa Kabupaten Sumenep, pasca panen kacang kayu, terutama di daerah Kecamatan Dungkek.

Baca Juga: Cara membuat Kue Kucur Khas Madura yang Lezat, Ini Bahannya

Nasi kacang memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit manis, apabila dikonsumsi membuat perut cepat kenyang dari pada masakan nasi putih.

Makanan berwarna kehitaman ini biasanya disajikan dengan sayur maronggi (kelor), menggunakan lauk ikan laut, beserta bumbu atau sambal yang dicampur dengan irisan mangga. Bumbu tersebut membuat rasa makanan tradisional itu semakin nikmat.

Kacang kayu, (Cajanus cajan) merupakan salah satu jenis tanaman kacang-kacangan yang cukup mudah ditemukan, khususnya di wilayah pinggiran Sumenep.

Tak hanya memiliki cita rasa yang enak dan gurih, kacang kayu juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Seperti dikutip Sinergi Madura dari Health Benefit Times, kacang kayu mengandung vitamin B, karbohidrat, zat besi, folat, fosfor, hingga vitamin C.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *