Pasang

Orang Madura Harus Tahu, Cara Merawat Telinga Bayi yang Ditindik

  • Bagikan
Orang Madura Harus Tahu, Cara Merawat Telinga Bayi yang Ditindik
Ilustrasi tindik telinga bayi. (Foto: sehatq.com)

TIPS, SINERGI MADURATindik pada telinga bayi perempuan sudah menjadi tradisi yang mengakar di Indonesia, bahkan dalam budaya masyarakat Madura, Jawa Timur.

Berbagai alasan para orang tua memilih untuk menindik telinga bayi mereka. Ada yang menganggap agar identifikasi jenis kelaminnya lebih mudah dikenal. sehingga akan langsung tahu, bahwa si bayi adalah perempuan.

Pasang

Sebagian ada juga yang menganggapnya, tindik sebagai adat atau kebiasaan keluarga yang harus dilakukan secara turun temurun.

Namun demikian, tindik pada bayi bukanlah perbuatan bebas tanpa resiko. Setiap kali menusuk kulit, apalagi pada bayi, bisa membuka peluang terjadinya infeksi, karena ia masih mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya.

Oleh karena itu, para ahli dokter anak mendorong orang tua untuk menindik telinga bayi, minimal menunggu hingga anak berusia 6 bulan.

Namun, jika para orang tua berkeras untuk menindik telinga si kecil ketika bayi, disarankan untuk setidaknya menunggu hingga dua minggu atau setengah bulan.

Baca Juga: Bunda Wajib Tahu! Anak Bisa Tumbuh Sehat dengan Jamu Khas Madura Ini

Setelah bayi ditindik, terkadang telinganya akan mengalami sedikit bengkak, kemerahan, dan radang di sekitar anting barunya.

Lalu, bagaimana cara menjaga telinganya setelah ditindik agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan kesehatan?

Dikutip Sinergi Madura dari berbagai sumber, berikut cara untuk mengurangi risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan, lakukan beberapa hal ini:

1. Longgarkan anting lalu bersihkan bagian depan dan belakang di sekitar lubang tindikan. Ini dilakukan setidaknya dua kali sehari secara rutin.

2. Saat membersihkan gunakan kapas lembut atau cotton bud dengan alkohol, produk antiseptik, atau salep antibiotik.

3. Jangan pernah melepas anting kurang dari 6 minggu. Ini untuk memastikan telinga bayi dapat sembuh dengan baik. Baru setelah 6 minggu antingnya dapat diganti.

4. Setelah ditindik, sebaiknya pilih anting ukuran kecil yang tidak gampang diraih dan ditarik oleh si anak.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *