Pasang

Orang Madura Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Buah mengkudu (Foto: klikdokter.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Tak banyak yang tahu, bahwa buah mengkudu (buah noni) memiliki berbagai kandungan zat gizi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski rasa dari buah ini memang tidak enak dan baunya sedikit tajam. Buah mengkudu juga merupakan bagian dari spesies keluarga kopi.

Pasang

Dikutip dari berbagai sumber, buah mengkudu memiliki berbagai kandungan zat gizi di dalamnya. Bahkan, pada satu buahnya, mengandung 90% air. Sedangkan 10% bagian keringnya terdiri dari serat, protein, dan gula.

Buah mengkudu juga mengandung mineral seperti kalsium, sulfur, kalium, magnesium, fosfor, serta selenium yang keseluruhannya mencapai 10 – 12 persen. Di samping itu, kandungan protein dan asam amino memenuhi sekitar 11,3% dari keseluruhan bagian keringnya.

Baca Juga: Berikut 4 Cara Orang Madura dalam Menangkal Santet

Adapun vitamin yang paling banyak terkandung dalam buah mengkudu, yaitu diantaranya adalah vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C.

Berikut ini adalah deretan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan dirangkum Sinergi Madura dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah mengkudu sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, buah ini menyimpan kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Vitamin ini bekerja dengan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan. Sehingga, risiko Anda terhadap penyakit kronis lebih rendah.

Kandungan scopoletin yang hadir dalam buah mengkudu juga memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Sifat anti-bakteri buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup ampuh untuk melawan bakteri E. coli, Staphylococcus aureus, dan Proteus vulgaris.

2. Membantu atasi arthritis

Buah noni banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya yaitu penyakit arthritis.

Jika dikonsumsi setiap hari hingga 90 hari, jus buah mengkudu dipercaya dapat meringankan rasa nyeri pada pasien yang terkena penyakit arthritis.

3. Bantu menurunkan kolesterol

Konsumsi jus mengkudu menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kolesterol total dan kadar kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) pada perokok berat.

4. Menurunkan gula darah

Selain manfaat dibatas, buah mengkudu juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Buah mengkudu juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah.

5. Membantu tingkatkan daya tahan saat berolahraga

Manfaat buah yang satu ini juga dapat meningkatkan daya tahan bagi Anda yang hobi olahraga. Hak ini lantaran kandungan antioksidan dalam buah mengkudu yang bisa mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat olahraga.

Mengonsumsi jus buah mengkudu sebanyak dua kali sehari selama tiga minggu berturut-turut dapat meningkatkan performa berlari sebanyak 21 persen.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *