Pasang

Part 3, Daftar Raja yang Pernah Memerintah Keraton Sumenep Madura

  • Bagikan
Part 3, Daftar Raja yang Pernah Memerintah Keraton Sumenep Madura
Ilustrasi Raja Sumenep (Foto: Lontarnadura.com)

BUDAYA, SINERGI MADURASumenep, Madura, Jawa Timur, mulai dikenal dan memiliki pemerintahan sejak dilantiknya Arya Wiraraja pada tanggal 31 Oktober 1269, yang kemudian dijadikan sebagai Hari Jadi Kota Sumekar.

Dikutip dari berbagai Sumber, dalam konteks kebudayaan, secara garis besarnya, Sumenep mengalami sedikitnya empat zaman.

Pasang

Pertama, zaman keraton (feodal). Kedua, keraton dalam bayang-bayang VOC plus Kolonialisme (neo feodal). Ketiga, runtuhnya sistem keraton (akhir abad 19), dan terakhir, era kedaulatan RI (1945).

Zaman keraton jilid pertama ditandai dengan duduknya Aria Wiraraja sebagai adipati Madura yang berkedudukan di Sumenep (31 Oktober 1269 Masehi).

Selama dipimpin oleh Arya Wiraraja, banyak perkembangan yang dialami kerajaan Sumenep. Bahkan, berkat kedigdayaan para raja terdahulu, Kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Garam ini dikenal di Nusantara.

Baca Juga: Part 2, Daftar Raja yang Pernah Memerintah Keraton Sumenep Madura

Nah, pada kali ini, Sinergi Madura akan kembali melanjutkan mengulas sejumlah daftar raja yang pernah memerintah Keraton Sumenep.

Berikut ini lanjutan daftar nama raja Sumenep dari 10 tokoh yang telah Sinergi tulis sebelumnya.

11. Panembahan Blongi (Aryo Pulang Jiwo)

Aryo Pulang Jiwo merupakan raja Sumenep yang ke 11. Ia memerintah selama 10 tahun (1386-1399). Dan memiliki keraton yang bertempat di Bolingi, Poday.

12. Pangeran Adipoday (Ario Baribin)

Pangeran Adipoday memerintah kerjaan Sumenep selama 16 tahun (1399-1415). Ia memiliki Keraton di Nyamplong, Poday.

13. Pangeran Jokotole (Pangeran Secodiningrat III)

Baca Juga: Mengenal Sejarah Keraton dan Daftar Raja di Sumenep Madura

Pangeran Jokotole memerintah kerajaan Sumenep terbilang lama, yakni 45 tahun (1415-1460). Ia memiki tempat keraton di Banasare.

Jokotole juga merupakan pendiri Benteng Kalimo’ok melawan orang-orang Bali. Serta pendiri pintu gerbang Kerajaan Majapahit.

14. Raden Wigonando (Pangeran Secodiningrat IV)

Raden Wegonando memerintah kerajaan Sumenep selama 42 tahun (1460-1502). Raden yang juga disebut Pangeran Secodiningrat IV ini memiliki tempat Keraton di Gapura.

15. Siding Purih (Pangeran Secodingrat V)

Siding Purih menjabat sebagai raja Sumenep selama 57 tahun (1502-1559). Ia memiliki tempat Keraton di Parsanga.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *