Pasang

Part 4, Daftar Raja yang Pernah Memerintah Keraton Sumenep Madura

  • Bagikan

BUDAYA, SINERGI MADURA – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dikenal sebagai negara keraton sejak dulu kala, yang hingga saat ini sebagian bangunannya masih tersisa dan utuh.

Salah satu bangunan Keraton yang masih tersisa di Sumenep adalah bangunan Karaton yang dibangun oleh Gusti Raden Ayu Tirtonegoro Raden Rasmana dan Kanjeng Tumenggung Ario Tirtonegoro (Bindara Saod) beserta keturunannya.

Pasang

Sedangkan untuk keraton-keraton yang dibangun oleh para raja yang lain di ujung timur Pulau Garam sudah tinggal sisa puing-puing bangunannya saja, alias tak bersisa.

Keraton tersebut menjadi kediaman resmi para Adipati atau Raja-Raja sebagai tempat untuk menjalankan roda pemerintahan. Hanya saja, di Sumenep sifatnya serupa kerajaan kecil atau setingkat Kadipaten.

Adapun penyebutan Penguasa Kadipaten yang lebih familiar dikalangan masyarakat Sumenep sejak dulu ialah dikenal dengan sebutan “Rato atau Raja”.

Kabupaten Sumenep sendiri dipimpin oleh 35 orang raja. 15 dari nama-nama raja tersebut telah Sinergi Madura ulas pada artikel sebelumnya, berikut ini lanjutannya.

Baca Juga:

Mengenal Sejarah Keraton dan Daftar Raja di Sumenep Madura

Part 2, Daftar Raja yang Pernah Memerintah Keraton Sumenep Madura

Part 3, Daftar Raja yang Pernah Memerintah Keraton Sumenep Madura

16. Raden Tumenggung Kanduruwan

Raden Tumenggung Kanduruwan merupakan raja ke 16 yang pernah memerintah kerajaan Sumenep selama 3 tahun (1559-1562).

Ia memiliki keraton sebagai tempat menjalankan pemerintahan di Karang Sabu.

17. Pangeran Wetan dan Pangeran Lor

Pangeran Wetan dan Pangeran Lor memerintah kerajaan Sumenep selama 5 tahun (1562-1567).

Pangeran Wetan memiliki tempat keraton di Karangduwak.

18. Raden Keduk (Pangeran Keduk II)

Raden Keduk (Pangeran Keduk II) memerintah kerajaan Sumenep selama 7 tahun (1567-1574). Ditelusuri dari berbagai Sumber tempat Keraton Raden Keduk masih belum ditemukan.

19. Raden Rajasa (Pangeran Lor II)

Raden Rajasa (Pangeran Lor II) memerintah kerajaan Sumenep selama 15 tahun (1574-1589). Lokasi Keratonnya juga masih belum ditemukan.

20. Raden Abdullah (Pangeran Cokronegoro I)

Raden Abdullah (Pangeran Cokronegoro I) memerintah kerajaan Sumenep selama 38 tahun (1589-1626). Tempat keratonnya di Karang Toroy.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *