Pasang

PC NU Sumenep Gelar Pembukaan HSN 2021, Ini Programnya

  • Bagikan
SIMBOLIS: Rais Syuriah PC NU Sumenep, KH. Hafidzi Syarbini saat melepaskan balon pembukaan HSN 2021 (Subaidi - Sinergi Sumenep)

SUMENEP, SINERGI MADURA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar pembukaan peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Jumat (01/10/2021).

Pembukaan perayaan momentum hari bersejarah yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober 2015 lalu ini dilaksanakan di kantor PC NU Sumenep, ditandai dengan pelepasan balon oleh Rais Syuriah PC NU Sumenep, KH Hafidzi Syarbini.

Pasang

Wakil Ketua PC NU Sumenep, Mohammad Halili, yang sekaligus menjadi ketua panitia kegiatan ini, menyampaikan, peringatan HSN menjadi salah satu perhatian warga NU pada khususnya karena momentum ini telah lama ditunggu-tunggu.

“Rangkaian acara HSN 2021 dimulai dari hari ini pukul 07.00 WIB, dengan Khatmil Qur’an. Pesertanya yaitu para huffadz yang kita ambilkan dari beberapa pondok pesantren di Sumenep,” katanya.

Halili menjelaskan, program kegiatan acara HSN di PC NU Sumenep sendiri dikemas dengan berbagai macam lomba selama 22 hari, dimulai tanggal 03-24 Oktober 2021.

“Acara puncaknya nanti dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2021,” katanya.

Baca Juga: Rayakan HSN 2021, PCNU Sumenep Angkat Tema ‘Bertumbuh, Berdaya dan Berkarya’

Tujuan peringatan HSN yang dikemas dengan lomba ini, kata Halili, adalah untuk konsolidasi NU kepada pada santri yang ada di pondok pesantren Kota Keris.

Adapun total lombanya ada sembilan, di antaranya adalah baca kitab kuning, yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu untuk tingkat pemula, menengah dan tingkat atas.

“Tingkat pemula, kitabnya itu Taqrib, untuk menengah Fathol Qorib dan yang paling tinggi tingkatannya itu ialah Fathol Mu’in,” tuturnya.

“Selanjutnya, lomba menulis opini, lomba Tiktok dengan konten dakwah, lomba fotografi, lomba shalawat mubadalah dan banyak yang lainnya,” tambah dia.

Menurutnya, pelaksanaan lomba itu nanti akan digelar secara daring. Kecuali untuk final atau nominatornya tetap dilaksanakan di kantor PC NU Sumenep. “Seperti lomba baca kitab dan shalawat mubadalah,” katanya.

Halili berharap, peringatan HSN 2021 menjadi momentum untuk mencontoh perjuangan dan pengorbanan para santri dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesian.

“Mari kita sambut kegiatan ini dengan meneladani jiwa heroisme perjuangan para santri, jadi dalam hal ini adalah soal jihad,” tandasnya.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *