Pemeran Mak Lampir Meninggal Terpapar COVID-19

Pemeran Mak Lampir Meninggal Terpapar COVID-19
TUTUP USIA: Farida Pasha bersama keluarga (Istimewa)

NASIONAL, SINERGI MADURA - Farida Pasha atau yang dikenal dengan pemeran sinema laga Mak Lampir tutup usia pada Sabtu (16/1) kemarin sekitar pukul 19.35 WIB.

Kabar meninggalnya icon sinema Misteri Gunung Merapi tersebut disampaikan Ify Alyssa yang merupakan cucu almarhum. Media relationship Ify Alyssa, Delaz, menyampaikan bahwa neneknya meninggal di usianya yang ke-68 tahun karena COVID-19.

"Telah berpulang nenek kami tercinta Hj Farida Pasha binti Ali Husen," ungkap Ify dalam akun Instagramnya, Minggu (17/01/2021).

Delaz atau Ify masih belum menginformasikan terkait tempat dan pelaksanaan pemakaman Farida Pasha. Mereka mengatakan bahwa pihak keluarga akan membuat rilis resmi Mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Asap Tebal Selimuti Langit Semeru, Masyarakat Diminta Waspada

Sebelum meninggal dunia, aktris yang terjun ke dunia seni peran sejak tahun 1977 itu diketahui sempat mengalami kehilangan keseimbangan dan kepala pusing juga sakit pada lambungnya. 

"Awalnya sakit vertigo dan lambung. Dua kali sudah periksa ke dokter, tapi kondisi mama kian melemah" ujar sang anak Gina Sonia, ibunda Ify.

Karena kondisinya terus melemah, dari pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk membawa Farida Pasha ke rumah sakit untuk dirawat intensif. Farida dirawat di Rumah Sakit Tarakan, Jakarta Pusat, sejak Rabu (13/01/2021) kemarin.

Dari hasil pemeriksaan dan tes juga rontgen, Farida Pasha divonis terkena early pneumonia atau penyakit peradangan pada paru-paru akibat inveksi. "Hasil tes swabnya juga positif," imbuh Gina.

Aktris kelahiran Tasik Malaya 21 Agustus 1952 tersebut mulai terjun ke dunia akting sejak tahun 1977 lewat film Guna-guna Istri Muda dan Pembalasan Guna-guna Istri Muda pada 1978.

Tetapi peran yang paling banyak dikenal publik adalah sebagai pemeran Mak Lampir dalam sinema kolosal Gunung Merapi yang disutradarai Jhony Trk Manopo Putaboga dan Ismail Sofyan Sani tersebut. (us/md/fd)


(*)