Pasang

Pemkab Melalui PCC Pamekasan Berikan Materi Dasar Pengetahuan P3K pada Poskestren dan Santri Husada

  • Bagikan
Pamekasan Call Care (PCC)
PEGANG MIC: Salah Satu Tim Pamekasan Call Care (PCC) Pamekasan, saat memberikan materi dasar pertolongan pertama pada kejadian dan kecelakaan (P3K) untuk Pendamping Poskestren dan Santri Husada (Dok. Sinergi Madura)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Pemkab Pamekasan melalui Pamekasan Call Care (PCC) memberikan pengutan materi terkait dasar Pertolongan Pertama pada Kejadian dan Kecelakaan (P3K) kepada Pendamping Poskestren dan Santri Husada, Jumat (27/8/2021).

Menurut Kordinator PCC Pamekasan, Amir Chamdani, kali ini pihaknya memberi penjelasan berbagai materi dasar. Diantaranya, P3K, pengenalan program PCC, dan pola penggunaan mobil sehat SIGAP di desa dengan tujuan agar para pendamping bisa memberi pertolongan pertama pada korban di setiap wilayahnya.

Pasang

“Selain itu juga bisa tahu bentuk pencegahan penularan pada kasus penyakit yang sering terjadi di pondok pesantren,” ungkapnya.

Tak hanya itu, materi lain yang dijelaskan juga adalah soal pentingnya makanan sehat dan perilaku hidup sehat dan bersih selama menempuh pendidikan di lingkungan pondok pesantren.

“Ada juga materi dan cara untuk rujukan dan jaminan kesehatan pada pada santri serta keluarga besar pesantren,” tambahnya.

BACA JUGA: Inilah Sosok Bupati Pamekasan menurut Nyai Mafrudah

Dengan begitu, sambung dia, ke depan, semua lingkungan Ponpes bisa mandiri untuk menjaga kebersihan. Bahkan sudah bisa secara swadaya melakukan penanganan yang tepat soal masalah kesehatan di lingkungan setempat.

“Pengurus sangat antusias dengan materi yang diberikan karena sangat sesuai dengan kasus yang sering terjadi di pondok,” terangnya.

Ia mengungkapkan bahwa para peserta juga tampak semangat saat dberikan wawasan tentang penanganan pertama. Sebab, ke depan akan ketahuan mana yang sakit sungguhan dan mana yang bohongan.

“Wawasan tentang cedera olahraga, kegawatdaruratan, baik kesehatan maupun bencana juga kami sampaikan,” tandasnya. (adv)


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *