Pasang

Pemkab Pamekasan Galakkan Program Home Care PCC bagi Para Lansia

  • Bagikan
PEDULI LANSIA: Tim Home Care PCC Kabupaten Pamekasan melayani salah seorang lansia sebatangkara (Ainur Rizky - Sinergi Pamekasan)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Untuk menjamin kesehatan serta kesejateraan warganya, terutama mereka para lansia di Kabupaten Pamekasan, pemerintah setempat telah menyiapkan program Home Care PCC.

Program Home Care PCC atau Pamekasan Call Care merupakan kepedulian Bupati Pamekasan kepada warganya yang sudah lanjut usia dan hidup sebatangkara, yakni dengan memberikan obat-obatan serta makanan secara gratis dua kali sehari.

Pasang

Kordinator PCC, Amir Chamdani, menuturkan, kegiatan ini merupakan inisiasi Bupati Pamekasan untuk menunjang kesehatan serta kesejahteraan para lansia sebatangkara yang ada di Bumi Gernang Salam.

“Ini memang program pak bupati, selaras dengan program sebelumnya, secara teknis Home Care ini berjalan dan dapat dinikmati secara otomatis dan gratis oleh lansia yang terdata di Dinas Sosial,” jelasnya kepada media ini, Jumat (2/7/2021).

Jadi, sambung dia mengurai penjelasan, secara otomatis nomor kontak layanan yang diberikan Home Care PCC ini menyatu dengan kontak Peduli Lansia Pemkab yang sudah bergulir.

“Kami sinergikan data sesuai daftar Lansia Sebatangkara yang menjadi penerima manfaat Peduli Lansia Pemkab Pamekasan,” imbuhnya.

Disampaikan, masyarakat Pamekasan dapat menghubungi nomor yang sudah tertera di stiker khusus sebagaimana tertempel di setiap rumah lansia penerima manfaat tersebut.

Sementara ini, kata dia, pelayanan bagi masyarakat lansia ini masih menyasar mereka para lansia yang berdomisili di seluruh kelurahan se-Kecamatan Kota Pamekasan.

“Ke depan akan lebih luas lagi pola pelayanan kesehatan yang akan diberikan, sesuai dengan arahan Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Dinsos setempat, sasaran layanan gratis bagi para lansia di seluruh kelurahan se-Kecamatan Kota Pamekasan saat ini ada sekitar 39 orang.

Program ini diharapkan dapat menjadi atensi bersama demi kesejahteraan serta kesehatan masyarakat lansia di Bumi Gerbang Salam.

Amir Chamdani mengatakan, pihaknya akan berusaha memberikan pelayanan optimal dengan pola siaga 24 jam layanan pemeriksaan dasar.

“Jika dalam pemeriksaan dasar itu dibutuhkan rujukan maka tim PCC yang bertugas akan merujuk pada faskes terdekat dengan lokasi rumah lansia sebatangkara tersebut,” pungkasnya. (adv)


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *