Pasang

Penderita Hipertensi Harus Jaga Ini Saat Berolahraga

  • Bagikan
Olahraga
Orang berolahraga.(Foto: pixabay.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Olahraga memang sangat dianjurkan bagi seseorang untuk menjaga kesehatannya. Namun, sebaiknya Anda selalu memerhatikan kondisi tubuh, jangan pernah memaksakan tubuh jika sedang dalam keadaan kurang baik.

Karena apabila tetap dilakukan, bukan kesehatan yang akan diperoleh, justru mendapatkan keburukan. ini semua berlaku kepada anda yang memiliki semua penyakit termasuk penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Pasang

Nah, untuk melakukan olahraga atau senam, penderita hipertensi perlu memperhatikan dan menerapkan beberapa hal agar aman untuk tubuh serta efektif dalam menurunkan tekanan darah.

Dikutip Sinergi Madura dari Sinergi Jatim, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda terapkan saat berolahraga.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh saat Musim Hujan

  • Anda bisa melakukan olahraga secara rutin dan teratur, jika anda melakukan olahraga dengan intensitas sedang, sebaiknya lakukan sebanyak 3-5 hari dalam seminggu, dan lakukan selama 30 menit per hari. Namun jika Anda memilih jenis olahraga yang berintensitas tinggi, misalnya berlari, anda bisa melakukan dengan sekitar 75 menit per minggu. Tapi tetap dalam pengawasan dokter sebelum melakukan jenis olahraga yang berintensitas tinggi.
  • Lakukan jenis olahraga yang Anda sukai sehingga olahraga tersebut menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk di lakukan.
  • Anda bisa mencari teman berolahraga agar Anda tetap termotivasi dan lebih menikmatinya karena tidak bosan untuk melakukannya sendirian.
  • Anda bisa memulai olahraga secara perlahan dan bertahap untuk jenis olahraga apapun yang Anda pilih. Mulailah dari tingkat pemula dengan waktu yang lebih singkat. Tingkatkan intensitas dan waktu olahraganya secara bertahap.
  • Sebelum olahraga sebaiknya anda selalu melakukan pemanasan dan melakukan pendinginan setelah melakukannya, untuk mencegah cedera dan lebih efektif untuk penderita hipertensi.
  • Segera berhenti berolahraga jika Anda mengalami tanda atau gejala hipertensi tertentu, seperti nyeri dada, leher, rahang, atau lengan, sesak nafas, pusing atau pingsan, atau detak jantung yang tidak teratur. Bila perlu, segera cari bantuan medis untuk menanganinya.
  • Pastikan kondisi tubuh Anda sedang fit sebelum melakukan olahraga, untuk menghindari gejala yang tidak diinginkan pada penderita hipertensi.

Apabila ingin mengetahui dampak dari olahraga yang telah Anda lakukan, anda perlu rutin melakukan cek tekanan darah. Anda bisa melakukan cek tekanan darah setiap kali Anda melakukan pemeriksaan ke dokter atau menggunakan tensimeter sendiri di rumah.

Lakukan cek tekanan darah secara rutin, yaitu setiap 1 jam sebelum memulai olahraga dan 1 jam setelahnya.

Selain rutin melakukan cek tekanan darah, Anda pun perlu menerapkan pola hidup sehat lainnya yang dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Hindari berbagai makanan penyebab hipertensi serta mengonsumsi buah-buahan atau sayuran dan makanan penurun darah tinggi lainnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *