Pasang

Peraturan Terbaru Naik Pesawat Terbang, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

  • Bagikan
Naik Pesawat
Peraturan naik pesawat. (Foto: halodoc.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Seiring dengan semakin membaiknya kondisi pandemi belakangan ini, sebagian besar bandara penerbangan mulai dibuka. Beragam aturan bepergian pun kian diperlonggar.

Dengan demikian, tak sedikit yang mulai merencanakan liburan ke berbagai destinasi. Meski belum leluasa pergi ke luar negeri, setidaknya bisa berwisata ke daerah lain di Indonesia, seperti Bali dan tempat wisata lainnya dengan naik pesawat terbang.

Pasang

Lantas, seperti apa tata cara naik pesawat terbang terbaru, termasuk menuju Bali dari berbagai kota di Indonesia?

Baca Juga: Tafsir Mimpi Tentang Naik Pesawat, Isyarat Datangnya Rezeki yang Berlimpah

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk naik pesawat terbang, sebagaimana dikutip Sinergi Madura dari berbagai sumber.

1. Wajib Melampirkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Syarat pertama yang harus dipenuhi berdasarkan SE Satgas Covid-19 No 22 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No 96 Tahun 2021, melampirkan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19 merupakan kewajiban bagi wisatawan domestik yang ingin berkunjung ke Bali dengan pesawat terbang.

Baca Juga: Tafsir Mimpi Tentang Naik Perahu, Isyarat Keberuntungan

Setidaknya, apabila vaksinasi dosis pertama sudah dilakukan, maka sudah bisa liburan ke Bali. Jadi, jangan ragu untuk memesan tiket pesawat dari bandara terdekat menuju Bali, seperti tiket pesawat Surabaya Bali misalnya.

2. Tes Negatif Antigen untuk Wisatawan dengan Vaksinasi Dosis Lengkap

Meski di peraturan awal, pemerintah mewajibkan hasil tes PCR negatif yang sampelnya diambil maksimal 3×24 sebelum penerbangan menuju ke Bali bagi seluruh wisatawan, revisi terbaru telah ditetapkan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers evaluasi PPKM di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada 1 November 2021, menjelaskan jika perjalanan udara wilayah Jawa dan Bali kini tak harus menggunakan tes PCR, melainkan cukup tes antigen, khususnya untuk wisatawan yang status vaksinasinya lengkap 2 dosis.

3. Tes Rapid Antigen atau Hasil Tes PCR Negatif untuk Wisatawan dengan Vaksinasi Dosis 1

Adapun untuk wisatawan yang status vaksinasinya masih dosis 1, di samping wajib melampirkan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal 1 dosis, juga harus menyertakan hasil tes negatif.

Hasil tes tersebut dapat diperoleh dari tes rapid antigen negatif yang sampelnya diambil maksimal 1×24 jam sebelum penerbangan, atau hasil tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 3×24 jam sebelum penerbangan.

4. Anak-Anak di Bawah 12 Tahun Diperbolehkan Naik Pesawat

Bagaimana dengan anak-anak? Kabar baiknya, anak-anak di bawah usia 12 tahun juga diperbolehkan naik pesawat.

Adapun syaratnya, ia harus didampingi orang tua atau keluarga yang dibuktikan dengan kartu keluarga, serta memenuhi syarat tes Covid-19, sebagaimana aturan yang berlaku di bandara keberangkatan dan tujuan.

5. Aplikasi PeduliLindungi Tak Masuk Syarat Utama Penerbangan

Sementara untuk aplikasi PeduliLindungi yang kerap digunakan saat bepergian atau masuk ke tempat-tempat wisata, restoran, mal, hotel atau semacamnya, kini tak lagi jadi syarat utama penerbangan.

Meskipun demikian, ada baiknya tetap Anda harus menyiapkan, karena mempermudah bepergian, daripada ke mana-mana harus membawa kartu vaksinasi Covid-19 secara manual.

Apabila semua persyaratan tersebut bisa dipenuhi, maka tak perlu lagi ragu untuk segera pesan tiket pesawat dari kota masing-masing. Informasi tersebut semoga bermanfaat bagi Sinergi Lovers.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *