Pasang

Peringatan Maulid Nabi Muhamad ala Warga Madura

  • Bagikan
Peringatan Maulid Nabi Muhamad ala Warga Madura
Tiga anak duduk di dekat hidangan aneka macam buah (Istimewa)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Bulan Rabiul Awal merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, sehingga oleh umat Islam di Indonesia diperingati sebagai kelahiran nabi terakhir tersebut.

Peringatan ini, umumnya digelar setiap tanggal 12 Rabiul Awal, namun bagi masyarakat di Pulau Madura, peringatan kelahiran nabi akhir zaman selama satu bulan penuh, oleh orang Madura biasa dikenal dengan Bulan Maulid (Bulen Molod).

Pasang

Tidak heran jika kalian, datang ke Pulau Madura pada saat Bulan Maulid, pasti di setiap musala dan masjid ramai lantunan salawat, terkadang juga digelar di setiap rumah secara bergiliran bagi orang yang mampu.

Acara yang dilakukan untuk mengharap syafaat Nabi Muhammad SAW yang ditandai dengan banyaknya hidangan buah yang bermacam-macam itu dipercaya mendatangkan hikmah baik di dunia maupun kelak di akhirat.

Baca Juga: Tradisi Tunangan Bagi Masyarakat Madura

Berikut tiga hikmah yang dapat diambil oleh kita, dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW:

1. Sebagai bentuk meneladani sifat dan akhlak Nabi Muhammad SAW dalam hal kesabaran, keteguhan hati, dan perjuangannya di jalan Allah SWT.

2. Semua sifat Nabi Muhammad SAW, wajib kita untuk diteladani, dialah sosok sempurna dalam cerminan Al-Quran yang hadir di tengah-tengah umat manusia dengan membawa kabar gembira dan kebahagiaan .

3. Meneguhkan rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW, serta kecintaan kita kepada utusan Allah SWT, sebagaimana Allah mengutus nabi untuk menyempurnakan agama.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *