Pasang

Petik Laut dan Cerita Rakyat Madura

  • Bagikan
Petik Laut dan Cerita Rakyat Madura
Rokat Tase' (FB: Bersama Membangun Lobuk)

BUDAYA, SINERGI MADURARokat Tase’ atau petik laut di pesisir Pulau Madura, merupakan budaya warisan nenek moyang yang diwariskan secara turun temurun sejak ratusan tahun silam.

Rokat Tase’ sejatinya adalah selamatan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, supaya terhindar dari malapeta dan senantiasa diberi rezeki berupa hasil tangkapan ikan yang melimpah.

Pasang

Menurut cerita lisan, dari salah satu sumber Sinergi Madura, menceritakan, pada zaman dulu, ada seorang kesohor dengan pembantunya saat menjala ikan di laut tiba-tiba mendapatkan ikan besar.

Namun, ketika diraihnya, ikan tersebut berbicara dan meminta agar segera dilepaskan kembali. Ikan itu berjanji akan menggantikan tangkapan ikan yang lebih banyak.

Baca Juga: Mengenal Ragam Pencak Silat di Madura

Kemudian sang tokoh bebar-benar melepaskannya. Anehnya, pada tangkapan berikutnya, dia benar-benar mendapatkan hasil tangkapan ikan yang melimpah.

Selain itu, selama melakukan Rokat tersebut kehidupan nelayan menjadi semakin makmur. Bahkan diyakini dapat membuat para nelayan semakin bergairah saat bekerja di laut.

Itulah yang melatar belakangi tradisi Rokat Tase’ di Pulau yang dikenal penghasil garam. Sehingga masyarakat nelayan setempat melakukan Rokat Tase’ setiap tahun.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *