Pilkades Serentak 2021 di Sumenep Dipastikan Bulan Juni

Pilkades Serentak 2021 di Sumenep Dipastikan Bulan Juni
KHARISMATIK: Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli (Dok. Sinergi Madura)

SUMENEP, SINERGI MADURA - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, dipastikan akan digelar pada bulan Juni 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli menjelaskan, Pilkades serentak tersebut sudah termasuk daratan dan kepulauan.

"Yang pasti bulan Juni tahun ini akan digelar," kata Ramli, Selasa (16/3/2021).

Hanya saja, tanggal pelaksanaan atau hari 'H' hingga saat ini masih belum ditentukan. "Untuk tanggalnya belum ditentukan," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Ramli, teknis pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini juga dipastikan tidak sama seperti biasanya. Sebab, proses pemungutan suara atau TPS dijadwal digelar di setiap dusun.Hal itu bertujuan untuk menghindari terjadinya kerumunan di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga: Korban DAM Japun Ditemukan Meninggal

"Nanti TPS di setiap dusun di masing-masing desa," sebutnya.

Persoalan tersebut merujuk pada Peraturan Bupati (Perbup) Sumenep, Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak sebagai pengganti Perbup Nomor 54 Tahun 2020.

"Pada prinsipnya, tidak ada perbedaan yang mendasar dengan Perbup sebelumnya, hanya saja tempat pemungutan suara yang dilakukan di tiap dusun," tuturnya.

Untuk itu, Ramli mengaku secepatnya akan melakukan koordinasi dengan Forkopimda dan Forkopimcam dalam rangka persiapan sosialisasi Perbup tersebut.

"Kami juga akan menyampaikan ke BPD dan Plt Kades agar segera membentuk kepanitiaan Pilkades," tandasnya. (yt/an/fd)


(*)