Pasang

Potensi Tembakau Luar Biasa, KPPBC TMP C Madura Gandeng 4 Pemerintah Daerah

  • Bagikan
SUKSES: Salah satu tembakau di Madura mulai kembali diperhitungkan (Dok. Sinergi Madura)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Tanah Pulau Madura memiliki potensi tembakau yang luar biasa melimpah untuk menghasilkan rokok-rokok yang berkualitas.

Sebagaimana yang dikatakan Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Madura, Yanuar Calliandra, bahwa masyarakat Madura hingga kini masih banyak yang menggantungkan hidup melalui pertanian maupun industri hasil tembakau.

Pasang

Atas dasar itu, KPPBC TMP C Madura menggandeng Pemerintah Daerah pada 4 kabupaten yang ada di Pulau Madura, melakukan edukasi ke berbagai kalangan.

“Mulai dari usia anak sekolah, pesantren, pelaku seni, pedagang pasar, petani, nelayan, hingga berbagai tokoh masyarakat,” urai Yanuar, Jum’at (29/10/2021).

Tak hanya itu, KPPBC TMP C Madura juga menggalakkan edukasi melalui pengiklanan di media massa, videotron hingga baliho.

“Edukasi juga digalakkan melalui media elektronik seperti talkshow di radio dan televisi,” bebernya.

Baca Juga: Merugikan Negara, KPPBC TMP C Madura Musnahkan 5 Juta Lebih Batang Rokok Ilegal

Upaya edukatif dinilainya belum cukup maksimal jika tidak diimbangi dengan upaya preventif terhadap produksi dan peredaran rokok ilegal.

Sebab menurutnya, akibat produksi dan peredaran rokok ilegal, sebagaimana hasil penindakan terhadap barang milik negara (BMN) selama periode 12 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021, KPPBC TMP C Madura menaksir kerugian negara mencapai hingga Rp 2.382.410.330.

Secara perlahan dan terkontrol, pihaknya berkomitmen akan terus berupaya melakulan pemberantasan rokok ilegal hingga ke akar-akarnya, yakni dengan cara-cara represif atau meningkatkan pengawasan terhadap peredaran barang kena cukai ilegal.

“Khususnya rokok ilegal di wilayah Madura. Peningkatan pengawasan ini berupa operasi pasar dan operasi gabungan, operasi kepatuhan dan patroli darat serta pemetaan daerah-daerah yang rawan terhadap rokok ilegal,” urai Yanuar Calliandra.

“Terhadap barang hasil penindakan berupa rokok ilegal, maka akan dilakukan pemusnahan,” imbuhnya tegas.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, KPPBC Tipe Madya Pabean C Madura telah memusnahkan sebanyak 5.329.166 batang rokok ilegal, Jumat tanggal 29 Oktober 2021. Jika dirupiahkan, total harga rokok ilegal tersebut mencapai Rp 5.441.330.680.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *