Pasang

Pulau di Madura Ini Punya Kualitas Oksigen Terbaik setelah Yordania

  • Bagikan
PUKAU PULAU: Gili Iyang Sumenep Madura (Foto: IG @sumenepsuperhits)
PUKAU PULAU: Gili Iyang Sumenep Madura (Foto: IG @sumenepsuperhits)

WISATA, SINERGI MADURA –  Inilah destinasi wisata kesehatan di Madura, Jawa Timur, yang memiliki indeks kualitas oksigen tertinggi setelah Yordania.

Wisata alam dengan kadar oksigen mencapai 21,9 persen ini terletak di Pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep Madura.

Pasang

Untuk mendatangi Pulau Oksigen ini, pengunjung bisa menumpang taksi laut (sebutan masyarakat Dungkek untuk moda transportasi perahu kayu bermesin) dari Pelabuhan Kalianget.

Jarak terdekat bisa juga ditempuh dari Pelabuhan Dungkek waktu kurang lebih 1 jam.

Biaya taksi laut berkisar Rp 10.000 per orang dengan kapasitas angkutan perahu antara 20-50 orang.

Baca Juga: Kota Tua di Madura, Hanya Ada di Kalianget Sumenep

Sekitar 9 km, kita bisa mengarungi lautan menggunakan taksi laut atau perahu di perairan Sumenep yang dipisahkan oleh Laut Jawa itu.

Pulau tersebut terbagi menjadi 2 Desa yakni Desa Banra’as dan Desa Bancamara yang dihuni kurang lebih 9000 jiwa.

Di pulau tersebut, kita akan menemukan rata-rata penduduk yang sudah lanjut usia (lansia) dengan usia lebih dari 90 tahun.

Meski usia mereka cukup tua, namun kondisi kesehatannya masih baik. Sebab itu, tidak heran jika Pulau Gili Iyang ini serbuan wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Sebab, menurut keterangan beberapa wisatawan lokal yang pernah berkunjung ke sana, kadar oksigen yang tinggi di Pulau Gili Iyang dapat menyembuhkan penyakit asma.

Tak hanya itu, selain berguna untuk kesehatan, di pulau ini kita dapat menikmati keindahan alam yang masih tampak perawan, sejuk, segar, sehingga kita akan betah beralama-lama berada di dalamnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *