Pasang

Puluhan Anggota Baru Saka Wira Kartika Ikuti Binmitra Kodim 0826 Pamekasan Madura

  • Bagikan
Puluhan Anggota Baru Saka Wira Kartika Ikuti Binmitra Kodim 0826 Pamekasan Madura
SEKSAMA: Sebanyak 20 anggota baru Saka Wira Kartika saat mengikuti Binmitra di lingkungan Kodim 0826 Pamekasan (Ainur Rizky - Sinergi Pamekasan)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Sebanyak 20 anggota baru Pramuka Saka Wira Kartika mengikuti Pembinaan Mental dan Tradisi (Binmitra) yang digelar Kodim 0826 Pamekasan, Madura, Minggu (30/10/2021).

Pembinaan ini diadakan untuk mematangkan mentalitas dan kemampuan intelektual peserta demi kedewasaan mereka sebelum menjalani bhaktinya dalam pramuka.

Pasang

“Bina mental dan tradisi ini akan mencetak generasi muda dengan mental bajanya dan intelektual mereka, serta juga menjadi pembelajaran, pengalaman mereka untuk kedewasaan dan pendidikan mereka,” tutur Krida Saka Wira Kartika, Mohammad Farizi.

Para peserta Saka Wira Kartika binaan Kodim 0826 Pamekasan mendapatkan materi pembekalan tentang krida, seni berpramuka atau skill kepramukaan.

Di antaranya materi Pioner, disampaikan Serma Zaifus Zaman, dan materi survival disampaikan oleh Staf Ter Kodim Pamekasan, Serka Mansuryadi.

Selanjutnya materi tentang penanggulangan bencana alam oleh Sertu (purn) Daniel, sementara Pelda Miftah Staf Ter Kodim 0826 menyampaikan tentang Navigasi Darat, dan terakhir materi Mountaineering disampaikan oleh Serma Jauhir Rahman.

Baca Juga: Lapsustik Kelas IIA Pamekasan Ikuti Upacara Peringatan HDKD Tahun 2021 bersama Kemenkumham RI

Selain mendapatkan materi krida, dalam giat ini para peserta juga diberikan bekal kepramukaan dan wawasan kebangsaan.

Pelda Mifta Bati Puanter Kodim 0826 Pamekasan, menjelaskan, bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari. Pada hari terakhir adalah kegiatan penjelajahan dan praktek dari materi krida yang sudah disampaikan.

“Materi yang diberikan nantinya akan dipraktekakan di lapangan agar peserta lebih paham apabila masuk dalam medan sebenarnya,” ungkapnya.

Sebelum menutup sesi wawancara, Pelda Miftan, menjelaskan, bahwa rangkaian kegiatan pramuka ini merupakan ajang kompetisi bagi para Penegak dan Pandega.

“Wadah pembinaan untuk membekali kaum pemuda berkarya dengan keterampilan matra darat, khususnya bagi pramuka Penegak dan Pandega, untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan,” pungkasnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *