Pasang

Punya Aroma Khas, Beberapa Bunga Ini Dipercaya Ampuh Usir Tikus di Rumah

  • Bagikan
Bunga Lavender
Bunga Lavender. (Foto: pixabay.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Ada banyak tanaman hias atau bunga yang dianggap ampuh untuk mengusir tikus di rumah, lantaran memiliki aroma yang khas. Salah satunya adalah bunga Lavender.

Tanaman hias itu banyak diburu di pasaran bukan hanya karena bentuk dan warnanya yang cantik untuk hiasan, tetapi di samping itu ia memiliki beberapa manfaat lain yang tak kalah menarik untuk dikoleksi.

Pasang

Yaitu, selain sebagai penghasil oksigen dan kebutuhan dekorasi, ia juga memiliki beberapa manfaat unik seperti mampu mengusir nyamuk, lalat, maupun parasit lain yang ada di rumah Anda.

Dilansir Sinergi Madura dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tanaman hias atau bunga yang dianggap ampuh mengusir tikus di rumah.

Baca Juga: Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan Wajah

1. Sage

Salvia officinalis atau Sage ialah tanaman yang dianggap ampuh untuk mengusir hewan-hewan pengerat seperti tikus. Anda dapat mengoleksi tanaman Sage mulai dari Sage putih, maupun yang berdaun hijau.

Daun ini memiliki aroma yang khas, sehingga dari aroma inilah yang membuat tikus enggan mendekatinya.

Coba letakkan pot tanaman Sage pada area yang sering dilewati tikus. Seperti dekat pintu dapur, pintu masuk depan rumah, ataupun area yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghalangi tikus yang hendak masuk rumah dengan aroma tanaman ini yang khas.

Baca Juga: 7 Tafsir Mimpi tentang Kuda, Pertanda Buruk?

2. Mint

Selain tanaman Sage, Anda dapat memilih tanaman Mint sebagai pengusir tikus sekaligus penghias rumah yang kaya akan manfaat.

Tanaman serba hijau ini sering digunakan sebagai campuran makanan dan minuman karena rasa dan aromanya yang menyegarkan.

Tidak sedikit orang yang memilih tanaman Mint ini untuk mengusir tikus dan hewan parasit lain masuk ke dalam rumah.

Pasalnya, tikus tidak menyukai tanaman Mint karena baunya yang sangat menyengat.

3. Lavender

Tanaman Lavender sering digunakan untuk dekorasi rumah maupun aroma terapi bagi sebagian orang karena aromanya yang mampu membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks.

Aroma dari bunga Lavender inilah yang membuat beberapa hewan enggan mendekatinya. Seperti nyamuk, lalat, dan termasuk juga hewan tikus.

Anda dapat meletakkan pot tanaman Lavender pada area yang sering dilewati tikus maupun mengeringkan daunnya untuk ditaburkan pada area yang sering dilewati tikus.

Itulah beberapa tanaman hias yang dianggap dapat mengusir tikus. Mudah-mudahan bermanfaat untuk Sinergi Lovers.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *