Rekor, Pilkades Lomaer Bangkalan Diikuti 15 Bacalon

Rekor, Pilkades Lomaer Bangkalan Diikuti 15 Bacalon
Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan, Handiansyah (Moh. Sainuddin - Sinergi Bangkalan)

BANGKALAN, SINERGI MADURA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Lomaer, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan akan diikuti oleh 15 bakal calon (Bacalon) kepala desa.

Pesta demokrasi masyarakat desa di Bangkalan ini digadang akan meriah dengan antusiasme bacalon yang menyentuh 'rekor' tertinggi pendafataran dari sejarah pemilihan kepala desa di Kota Salak.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Lomaer, Noer Kholis membenarkan bahwa kontestan Pilkades di daerahnya yang mendaftar sebanyak 15 Bacalon pada penutupan akhir pendaftaran sejak Senin, (1/3) kemarin.

"Benar, ada 15 bakal calon yang mendaftar, terdiri dari 11 orang asal Desa Lomaer dan 4 lainnya dari luar desa," katanya, saat dikonfirmasi media ini, Selasa (2/3/2021).

Dari 15 bacalon yang mendaftar nantinya akan dilakukan verifikasi berkas oleh P2KD Desa Lomaer. Bacalon yang mendaftar memiliki pendidikan 11 orang Strata 1 (S1) dan 4 orang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Baca Juga: Satpol PP Bangkalan Hanya Punya 1 Mobil Damkar

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan, Handiansyah membenarkan adanya 15 bacalon yang mendaftar di Pilkades Desa Lomaer. Ia menuturkan semua desa yang akan melaksanakan Pilkades sudah terdapat Bacalon.

"Alhamdulillah dari 120 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak, semuanya ada Bacalon Kadesnya. minimal 2 calon maksimal 15 calon," tegasnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya pada Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan P2KD yang telah menjalankan tahapan Pilkades dengan kondusif, aman dan lancar.

Sekadar informasi, Pilkades serentak di Kabupaten Bangkalan tahun 2021 akan berlangsung di 120 desa dengan total Bacalon yang terdaftar sebanyak 412 orang. Sementara untuk pelaksanaanya dijadwal pada 5 Mei 2021. (ms/an/fd)


(*)