Pasang

Resep dan Cara Masak Bebek Songkem Khas Madura

  • Bagikan
Resep dan Cara Masak Bebek Songkem Khas Madura
Masakan Bebek Songkem (Foto: kakaika)

KULINER, SINERGI MADURAMadura banyak ragam kuliner dari bebek yang dikenal dengan cita rasa tinggi. Salah satu yang familiar di kalangan pecinta makanan adalah bebek Sinjay di Kabupaten Bangkalan, Madura.

Selain bebek Sinjay, ada lagi loh bebek khas Madura, namanya bebek songkem.
Bebek songkem yang disajikan mirip pepes ini rasanya nendang banget. Dibungkus daun pisang, bebek songkem pasti bikin kamu ngiler. Apalagi bagi kamu yang suka pada rasa pedas.

Pasang

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Sinergi Madura sajikan resep dan cara memasak di rumah gak perlu pergi jauh datang ke Madura!

1. Sejarah dan nilai filosofis bebek songkem

Bagi masyarakat Madura, bebek songkem bukan hanya sekadar makanan biasa pada umumnya. Ternyata makanan yang memiliki cita rasa tinggi ini memiliki sejarah dan nilai filosofis, loh.

Dulu, bebek songkem merupakan simbol bentuk hormat atau terima kasih kepada orang terhormat seperti kiai. Makanan ini dibawa sebagai hantaran ketika songkeman. Sebab, kiai tersebut telah mengajari anak-anaknya mengaji secara sukarela dan ikhlas.

2. Bebek songkem dimasak dengan rempah-rempah

Jika bebek Sinjay identik dengan sambal mangga, bebek songkem khas dengan rasa rempah-rempahnya. Cara memasaknya pun cukup rumit, butuh waktu berjam-jam dengan cara dikukus.

Baca Juga: Cara Membuat Sayur Kalandengan dan Urap Bakar ala Warga Madura

Dengan demikian, bumbu-bumbu yang digunakan agar meresap hingga ke tulangnya.

3. Bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan:

2 ekor bebek masing-masing 800 gram, dipotong dibagi menjadi empat bagian, 50 ml air perasan jeruk nipis, daun pisang untuk membungkus tulang, daun pisang untuk mengikat

Bahan bumbu halus:

150 gram cabai rawit merah, 20 buah cabai merah keriting, 15 siung bawang merah, 9 siung bawang putih, 1 sendok teh garam, 1 sendok gula pasir.

Bahan pelengkap:

Nasi Putih Lalapan Sambal

4. Cara memasak

Lumuri bebek dengan cuka dan garam hingga rata. Simpan di lemari es sampai meresap kira-kira selama 30 menit. Setelah itu, lumuri daging dengan bumbu halus hingga rata. Siapkan selembar daun pisang.

Kemudian, letakkan potongan bebek di atasnya. Bungkus hingga rapat, ikat menggunakan tulang daun pisang. Kukus dalam dandang panas hingga matang kurang lebih tiga jam. Angkat dan Bebek Songkem siap dihidangkan.

 

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *