Pasang

Resep dan Cara Memasak Bebek Sinjay Khas Madura

  • Bagikan
Resep dan Cara Memasak Bebek Sinjay Khas Madura
Makanan Bebek Sinjay khas Bangkalan Madura (Foto: [email protected])

KULINER, SINERGI MADURABebek sinjay merupakan olahan bebek ungkep goreng yang sangat populer di Jawa Timur. Makanan Bebek Sinjay ini berasal dari Pulau Madura. Namun, makanan ini juga bisa ditemukan di kota-kota lain luar Madura seperti Surabaya dan Malang.

Bagi kalian yang belum pernah berkesempatan mencicipinya, boleh juga mengolah makanan ini sendiri di rumah.

Pasang

Untuk mempermudah kalian yang ingin tahu rasanya kayak gimana dan cara mengolah sendiri di rumah, berikut resep dan cara membuat bebek sinjay ala Madura, lengkap dengan sambal mangga muda yang mantap di lidah:

Bahan:

1 ekor bebek utuh yang sudah dibului, cuci bersih dan potong-potong, 1 buah jeruk nipis, 2 batang serai, 5 lembar daun jeruk, 3 buah asam jawa, 2 ruas jari lengkuas muda diparut, 1/2 gelas belimbing air, minyak goreng secukupnya.

Bumbu Halus:

8 butir kemiri, 10 butir bawang merah, 8 siung bawang putih, 5 buah cabai rawit, 2 ruas jari kunyit, 1 ruas jari jahe,1 ruas jari kencur, 1 sendok teh gula pasir, garam secukupnya.

Sambal Mangga:

1 buah mangga muda, 2 cabai merah keriting, 10 cabai rawit merah, 1 sendok teh gula merah, 1/2 keping terasi.

Baca Juga:Tajhin ‘Mera Pote’, Makanan Tradisi Masyarakat Madura di Bulan Safar

Pelengkap:

Irisan mentimun secukupnya dan kemangi segar secukupnya.

Cara Membuat Bebek Sinjay:

Lumuri bebek yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis, kemudian diamkan selama 30 menit sampai sejam untuk menghilangkan bau amisnya. Panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, asam jawa, dan lengkuas parut sampai harum.

Masukkan bebek ke dalam tumisan bumbu, lalu aduk rata. Bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Masukkan minyak hingga menenggelamkan sebagian tubuh bebek. Masak bebek dengan api kecil selama 2 jam.

Bebek akan mengeluarkan kaldu selagi diungkep. Jika airnya sudah menyusut, masukkan setengah gelas air dan masak lagi sampai kering dan bebek matang.

Setelah bebek matang, tiriskan kembali minyaknya. Sisakan bebek dan rempah-rempah bumbunya.

Cara Membuat Sambal Mangga:

Selanjutnya buat sambal mangga. Kupas mangga, kemudian serut atau iris memanjang seperti korek api. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, terasi, dan gula merah dengan cara diulek.

Masukkan mangga muda yang sudah diserut, kemudian ulek kembali secukupnya. Sampai mangga muda layu saja, tak perlu sampai halus.

Sajikan sepotong bebek sinjay dan rempah bumbunya bersama nasi putih, sejumput sambal mangga, irisan mentimun, dan sekuntum kemangi.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *