Pasang

Rumah Batik Cako Gelar Pelatihan Membatik, Siap Tuntaskan Pengangguran Pasca Pandemi

  • Bagikan
Rumah Batik Cako Gelar Pelatihan Membatik, Siap Tuntaskan Pengangguran Pasca Pandemi
KOMPAK: Pelatihan membatik bagi santri, di rumah produksi batik Canteng Koneng Desa Pakondang (Edy Mufti - Sinergi Sumenep)

SUMENEP, SINERGI MADURA – Rumah Batik Canteng Koneng (D’Cako) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar pelatihan membatik bagi santri dalam rangka mendukung program Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Pelatihan tersebut digelar selama 20 hari dari tanggal 9-28 Agustus di Rumah Produksi Batik D’Cako Desa Pakongdang, Kecamatan Rubaru.

Pasang

Peserta yang hadir kurang lebih 20 santri yang terdiri dari berbagai lembaga Pondok Pesantren di Kota Keris dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

Owner Canteng Koneng (D’Cako) Sumenep, Didik Haryanto mengatakan, pelatihan ini digelar sebagai salah satu kecintaannya kepada batik yang merupakan warisan Nusantara khususnya yang berciri khas Sumenep.

“Dengan ini, saya gelar kegiatan pelatihan santri milenial entrepreneur 2021 agar bisa membatik,” ujarnya kepada media, Senin (9/8/2021).

Karena batik bagian dari Program Pemerintah Kota Keris, maka dengan begitu pihaknya bertekad untuk menggelar pelatihan membatik agar ada tunas muda atau pengrajin baru pasca pandemi COVID-19.

“Ini bagian dari mengentaskan pengangguran di Sumenep akibat pandemi, jika pandemi berakhir maka akan ada anak muda (pengrajin batik, red) yang berkarya dalam membatik, ini tujuan kami juga untuk membantu pemerintah,” tegasnya.

Menurut Didik, hampir dua tahun Indonesia dalam keadaan pandemi, imbasnya pada merosotnya ekonomi kerakyatan, ada juga banyak karyawan yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK) sehingga angka pengangguran bertambah.

“Ini adalah bentuk ikhtiar kami, maka kami turun langsung dan siap melatih selama 20 hari ke depan, hingga bisa menciptakan pengrajin batik muda di Kabupaten Sumenep,” tegasnya.

“Semoga niat dan harapan ini bisa membantu pemerintah untuk memulihkan ekonomi pasca pandemi nanti, semoga pandemi ini cepat berakhir,” harapnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *