Pasang

Rutin Mengonsumsi Telur Asin Manfaatnya Luar Biasa

  • Bagikan
Telur asin
Telur asin (Foto: [email protected])

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Telur asin merupakan telur dari bebek atau itik yang diawetkan dengan menggunakan garam sehingga bisa bertahan lama.

Telur itik ini sering dibuat asin karena memang sangat baik dalam menyerap garam, selain itu karena telurnya sangat berkualitas dibandingkan telur yang lain.

Pasang

Di samping itu, tekstur dari telur ini lebih kenyal serta rasanya yang gurih dibandingkan dengan telur ayam, tak heran banyak orang menyukainya.

Perlu kita ketuahui ternyata telur asin memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi terutama dalam kandungan protein dan kandungan kolestrol.

Oleh sebab itu, perlu berhati-hati saat memakan telur ini terutama bagi yang berisiko mempunyai kolesterol yang tinggi.

Namun disisi lain telur ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin A dan vitamin E.

Serta beberapa mineral lainnya seperti zat besi, kalsium, fosfor, sodium dan magnesium, sehingga kandungan gizi tersebut menjadikan telur ini memiliki banyak manfaat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat mengonsumsi telur asin bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga kesehatan mata
Telur asin memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata,  melalui kandungan vitamin A dari mengunsumsi telur asin, dapat menjaga mata tetap memiliki penglihatan yang baik.

Baca juga: Mengenal Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh

2. Mengatasi tekanan darah tinggi
Telur asin ternyata bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi, melalui kandungan proteinnya bisa menurunkan tekanan darah terhadap dinding arteri.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat penting untuk diatasi karena dapat memicu datangnya penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat telur asin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sebab telur asin terdapat selenium yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan memakan telur asin secara rutin mampu menjaga vitalitas tubuh.

4. Menjaga kesehatan saraf
Telur asin memiliki kandungan vitamin B12 dan kolin, dengan begitu kolin merupakan nutrisi penting yang dapat membantu sistem saraf berkomunikasi dengan lancar.

Sementara untuk vitamin B12 dapat membantu mencegah berbagai penyakit saraf seperti ketidakseimbangan tubuh dan rasa cepat capek.

5. Menstabilkan hormon
Kandungan selenium dalam telur asin sangat mampu menstabilkan metabolisme hormon. Selain itu selenium dapat meningkatkan kesuburan serta dapat membantu menjaga kesehatan janin pada ibu hamil.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *