Pasang

Saat Asam Lambung Naik Bikin Sesak Napas, Lakukan Cara Ini

  • Bagikan
Ilustrasi asam lambung naik (Sumber foto: Alodokter)

TIPS, SINERGI MADURASesak napas merupakan salah satu gejala penyakit asam lambung kronis atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Biasanya, orang yang asam lambungnya sedang naik rentan mengalami sesak napas.

Berikut adalah penjelasan yang penting untuk dipahami saat dua masalah kesehatan yang saling berkaitan ini sedang berkelindan dan terasa sangat mengganggu hidup Anda.

Pasang

1. Kenapa asam lambung naik bisa bikin sesak?

Ada banyak faktor asam lambung yang membuat sesak napas. Di antaranya, cairan asam lambung dari perut yang naik ke kerongkongan tanpa disengaja masuk ke paru-paru, terkadang hal ini terjadi saat tidur.

Akibat saat asam lambung naik, saluran udara di paru-paru bengkak dan memicu asma atau pneumonia aspirasi, karena saluran napas terganggu membuat saluran udara menyempit.

Kondisi tersebut rentan menyebabkan asma, terutama bagi Anda penderita asam lambung yang memang punya riwayat penyakit asma. Kalian penderita asma sangat dianjurkan rutin melakukan perawatan atau datang ke dokter spesialis terdekat untuk mendapatkan petunjuk kesehatan hidup Anda.

Baca Juga: Dibanding Sabun, Baking Soda Ternyata Lebih Ampuh Bersihkan Wajah, Simak Ini Caranya!

2. Apa yang harus dilakukan agar terhindar dari sesak karena asam lambung?

Sejumlah ahli sepakat, cara mengantisipasi sesak napas akibat asam lambung adalah dengan mengubah gaya hidup, membiasakan pola makan yang sehat dan minum obat sesuai anjuran dokter.

Selain langkah antisipasi di atas, hal lain yang bisa diupayakan salah satunya adalah menjaga berat badan tetap ideal, berhenti merokok, meninggikan sandaran kepala saat tidur, tidak menggunakan pakaian ketat, ikat pinggang atau aksesori yang menekan bagian perut.

Di samping itu juga dianjurkan mengkonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, tidak berbaring atau tidur dalam waktu kurang dari tiga jam setelah makan.

Mengidentifikasi dan menghindari makanan yang menyebabkan asam lambung naik, mengurangi atau menghindari alkohol. Hindari makan porsi banyak, sedikit lebih baik tapi dilakukan secara rutin.

Selanjutnya, minum obat asam lambung dengan opsi antasida, proton pump inhibitor (PPI), atau H2 receptor blocker kelola stres.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *