Saling Tuding, India dan Cina Masih Berseteru soal Perbatasan Himalaya

Saling Tuding, India dan Cina Masih Berseteru soal Perbatasan Himalaya
Perbatasan Himalaya (Foto: Tempo.co)

INTERNASIONAL, SINERGI MADURA – Seteru dua negara India dan Cina sampai saat ini masih belum menunjukkan tanda ingin berdamai. Keduanya saling tuduh soal pelepasan tembakan ke udara di wilayah perbatasan Himalaya.

India mengklaim, bahwa militer Cina mencoba menerobos perbatasan untuk masuk ke wilayah India pada hari Senin (7/9) kemarin. Ketika para penerobos di beri peringatan, pihak India menyebut militer Cina malah melepas tembakan ke udara.

"Mereka mencoba mengintimidasi tentara kami. Kami tidak mencoba membalas dengan cara agresif apapun," tutur militer India dalam keterangan persnya, sebagaimana dilansir Tempo.co, Selasa (8/9/2020).

Sebaliknya, pihak Cina menyebut bahwa militer India lah yang mencoba untuk menerobos masuk ke perbatasan Himalaya melewat tepi selatan Danau Pangong Tso, Ladakh. 

"Tentara India tiba-tiba melepas tembakan untuk mengintimidasi tentara-tentara patroli kami yang mencoba bernegosiasi. Kami terpaksa mengambil tindakan untuk mengendalikan situasi," tutur juru bicara militer Cina dari People Liberation Army, Zhang Shuili.

Sejak bulan Juli, diplomat Cina dan India sudah mengupayakan solusi damai atas ketegangan di perbatasan Himalaya, namun saat ini belum ada hasil yang memuaskan.  India dan Cina saling klaim wilayah kedaulatan masing-masing. Hal tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1962. (riz/md/fd)


(*)

Sumber: Tempo.co