Pasang

Santri Madura Wajib Tahu, Ini Tema HSN 2021

  • Bagikan
Santri Madura Wajib Tahu, Ini Tema HSN 2021
Pelepasan balon udara oleh Rais PCNU Sumenep, KH Hafidzi Syarbini, membuka semarak HSN 2021 di Sumenep (Foto: NOJ/ Firdausi/NU Online)

NASIONAL, SINERGI MADURA – Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional (HSN) oleh Presiden Joko Widodo sesuai dengan Keppres Nomor 22 Tahun 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta pada 15 Oktober 2015 silam.

Ketetapan ini disambut hangat oleh seluruh lapisan santri dan pondok pesantren di Indonesia. Termasuk pesantren yang ada di Pulau Madura Provinsi Jawa Timur.

Pasang

Baca Juga: HSN Jangan Hanya Dirayakan, Santri Madura Wajib Tahu Sejarahnya

Resolusi Jihad dan perjuangan santri menjadi cikal bakal ditetapkannya HSN oleh Presiden Jokowi.

Berkat perjuangan mereka melalui seruan dari tokoh nasional sekaligus ulama kharismatik, KH Hasyim Asy’ari inilah seluruh lapisan bangsa merasakan momentum HSN.

Di tahun 2021 ini, HSN jatuh pada Jumat 22 Oktober. Biasanya, seluruh pesantren di Madura khusunya memperingati momentum sejarah ini dengan upacara HSN dan ngaji sejarah perjuangan santri dan ulama dalam membebaskan bangsa dari cengkraman penjajah.

Khusus tahun ini, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengusung tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’.

Tema ‘Siaga Jiwa’ yang diusung memiliki makna bahwa santri, tidak pernah lengah menjaga kesucian hati, akhlak, berpegang teguh pada akidah dan nilai, serta ajaran Islam rahmatan lil’alamin dan Pancasila atau tradisi bangsa Indonesia.

Sedangkan ‘Siaga Raga’ memiliki makna santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia, sehingga badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri harus didedikasikan untuk Indonesia.

Oleh sebab itu, dengan mengusung semangat ini, semoga santri di Indonesia semakin maju, berakhlak mulia dan mampu membawa nama Indonesia terkenal di dunia Internasional. Selamat menyambut HSN tahun 2021!

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *