Satpol PP Bangkalan Hanya Punya 1 Mobil Damkar

Satpol PP Bangkalan Hanya Punya 1 Mobil Damkar
Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangkalan, Rahmad Ansyori (Moh. Sainuddin - Sinergi Bangkalan)

BANGKALAN, SINERGI MADURA - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangkalan, melalui Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Rahmad Ansyori, mengungkapkan, saat ini hanya ada 1 mobil pemadam kebakaran yang bisa dioperasikan secara optimal.

Secara keselurahan, kata dia, Damkar Satpol PP Kota Shalawat dan Dzikir sebenarnya punya 3 armada mobil damkar yang dimiliki kabupaten dengan luas sekitar 1.260,14 km² ini.

Akan tetapi 2 damkar lainnya menurutnya tak dapat difungsikan secara optimal. Sebab, kondisi 1 unit mobil damkar tersebut sering bermasalah dan dan 1 lainnya sudah rusak berat.

Sehingga pihaknya berharap 1 armada tersebut dapat dioptimalkan untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kebakaran.

Baca Juga: Gandeng Pondok Pesantren, Wabup Sumenep Bertekad Kembangkan UMKM

"Ada 3 unit (armada, red). 1 unit rusak berat, 1 kecil 3000 liter kondisinya sering ada kendala, yang beroperasi penuh ada di kapasitas 5000 liter," terangnya.

Kendati dinilainya sangat tidak memungkinkan, Erick sapaan Rahmad Ansyori, tetap optimis dapat mengatasi bencana kebakaran di tengah keterbatasan tersebut.

"Sangat kurang, yang terparah kebakaran di Pasar Tanah Merah ketika itu kita sampai tidak bisa mengatasi. Sampai dibantu dari Sampang dan Surabaya," katanya.

Tahun ini, imbuhnya, Pemerintah Kabupaten Bangkalan sedang merencanakan penambahan 1 armada damkar lagi dengan kapasitas 5000 liter.

"Saya harap akan segera terealisasi, pengadaan 1 unit ini masih dalam proses," pungkasnya. (ms/md/fd)


(*)