Pasang

Sejarah Lahirnya Hari Pahlawan Nasional 10 November

  • Bagikan
Mobil Malabby yang terkena lemparan granat
Mobil Malabby yang terkena lemparan granat (Foto: [email protected])

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Tanggal 10 November 2021, diperingati sebagai Hari Pahlawan, untuk mengenang jasa dan perjuangan mereka yang telah mengusir penjajah dari Bumi Indonesia.

Banyak para pejuang yang gugur dalam peristiwa heroik di Surabaya yang bertapatan pada tanggal 10 November 1945. Mereka berjuang demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pasang

Sehingga dengan adanya peristiwa tersebut oleh masyarakat Indonesia, selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan 10 November, hingga saat ini.

Peristiwa bersejarah ini dipicu karena tewasnya Brigadir Jendral Mallaby, mendengar tewasnya pimpinan meraka tewas pasukan sekutu tidak terima dengan hal tersebut.

Hingga akhirnya pasukan sekutu mengatur siasat untuk melakukan perlawanan kepada warga Surabaya. Kemudian terjadilah pertempuran dahsyat antara arek-arek Suroboyo dengan pasukan Inggris.

Baca juga: Hari Pahlawan Nasional: Perlawanan Rakyat Surabaya Terhadap Pasukan Inggris

Dalam peperangan itu Malabby tewas terpanggang di atas mobil yang ia tumpangi, akibat terkena lemparan granat, saat melintas di depan Gedung International.

Sehingga, komandan angkatan perang Inggris di Indonesia yakni, Jendral Christison menyebut tewasnya Mallaby sebagai salah satu pembunuhan yang kejam.

Komandan perang Inggris bersumpah bahwa akan menuntut balas dendam terhadap rakyat Indonesia, terutama pada rakyat Surabaya.

Sumpah menuntut balas dendam tewasnya Mallaby sampai terdengar ditelingga Bung Tomo, di mana saat itu Bung Tomo merupakan pucuk Pimpinan Barisan Pemberontak Rakyat.

Dia pun mengatakan pada Rakyat Surabaya agar tidak takut pada acaman komandan perang Inggris tersebut.

Hingga tanggal 10 November 1945 pagi, rakyat yang siap angkat senjata dan tetap masih menunggu hingga pukul 09.00 WIB, seorang pemuda melaporkan bahwa sudah terjadi penembakan oleh pasukan Inggris.

Sehingga pertempuran hebat pun terjadi membuat pasukan Rakyat Indonesia mengeluarkan senjatanya agar dapat mempertahankan Bangsa Indonesia yang permai, hingga merdeka sampai saat ini.

(*Ganes/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Mengenang Sejarah Pertempuran 10 November)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *