Pasang

Sejarah Singkat Kerajaan Madura Barat Masa Pertama

  • Bagikan
Ilustrasi masa kerajaan (Foto: Babad Madura)
Ilustrasi masa kerajaan (Foto: Babad Madura)

BUDAYA, SINERGI MADURAMadura sebagai bagian dari wilayah di Pulau Jawa tak pernah bisa dilepaskan dari sejarah kerajaan. Konon, sebelum lahir kabupaten seperti sekarang, Pulau Madura masih dipimpin oleh beberapa raja.

Berdasarkan bukti-bukti sejarah, disebutkan bahwa Raja Madura pertama yang sempat memerintah saat itu adalah Ario Lembu Peteng sekitar abad 14 Masehi. Ia merupakan putra dari Prabu Brawijaya V (Stamboom Van Het Geslachi Tjakra Adi Ningrat).

Pasang

Kemudian Kerajaan Madura, diperintah oleh Ario Menger, dilanjut Ario Patikal, lalu dilanjut Nyai Ageng Boedo dan yang terakhir diperintah oleh Kiai Demang Plakran sekitar abad 15 (masa pertama).

Berikut Kerajaan Madura Ujung Barat hingga Ujung Timur dari tiga masa, dirangkum dari berbagai sumber;

Masa Pertama

Pada masa ini bisa disebut sebagai pra sejarah, karena tidak bisa dipastikan tahunnya hanya diperkirakan di abad 15. Di masa ini masih dinahkodai oleh Kiai Demang Plakaran (Pangeran Demang Plakaran) di Keraton Anyar.

Baca Juga: Part 5, Daftar Raja yang Pernah Memerintah Keraton Sumenep Madura

Kiai Demang Plakaran menurut catatan silsilah kerajaan Madura Barat, merupakan keturunan dari Raja Majapahit yang bergelar Brawijaya. Di samping itu, ada naskah lain menyatakan bahwa Kiai Demang Plakaran adalah trah Giri Kedaton, alias keturunan Sunan Giri I (Sayyid Ainul Yaqin).

Kemudian turun kepada Ario Damar, hingga Palembang, selanjutnya turun kepada Ario Menak Senoyo, yang menurut legenda mendarat di Madura dengan mengendarai seekor ikan. Menak Senoyo lantas bertahta atau menduduki di Proppo Pamekasan. Raja yang satu ini punya keturunan Ario Kedut, Ario Timbul, Ario Pojok, hingga Kiai Demang Plakaran.

Kiai Demang Plakaran memiliki beberapa anak laki-laki, diantara yang menonjol ialah Raden Adipati Pramono dan Kiai Pragalba alias Pangeran Arosbaya. Dari keduanya, bermunculan tokoh-tokoh penguasa yang mengendalikan nusa Madura mulai dari ujung Barat hingga ujung Timur.

Untuk masa kedua, mengenai Kerajaan Madura Ujung Barat hingga Ujung Timur, akan dibahas berikutnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *