Pasang

Selain Membuat Kulit Bersih dan Cerah, Ini Manfaat Madu bagi Kesehatan

  • Bagikan
Khasiat Madu
Khasiat Madu (Foto: [email protected]_tkl)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Madu merupakan suatu pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah dan keberadaanya sangat populer sejak dulu hingga sekarang.

Rasanya yang nikmat membuat madu sering menjadi sebagai pengganti gula, selain itu memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Pasang

Oleh sebab itu manfaat madu sudah tidak diragukan lagi karena sudah diyakini sebagai obat tradisional dan khasiatnya bisa kita rasakan sendiri jika mengkonsumsi madu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 15 Manfaat Madu untuk Kesehatan tubuh, antara lain:

1. Minum madu saat malam hari membuat tidur semakin nyenyak. Berdasarkan beberapa penelitian, madu mempunyai kandungan insulin yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

Bagi penderita insomnia, tidak ada salahnya mengkonsumsi madu murni sebelum tidur.

2. Madu dipercaya mampu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh. Nutrisi dan vitamin dalam madu baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Dengan mengkonsumsi madu secara rutin, tubuh akan menjadi fit dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

3. Madu dipercaya mampu menyembuhkan gangguan pada saluran pernapasan. Menurut berbagai hasil penelitian, madu terbukti bisa menyembuhkan batuk dan infeksi saluran pernapasan.

4. Madu yang dikonsumsi sebelum tidur dipercaya bisa menekan keinginan untuk makan, sehingga selama malam hari kita tidak akan merasakan lapar dan berat badan lebih terjaga.

Banyak yang mengira bahwa mengkonsumsi madu sebelum tidur akan meningkatkan berat badan. Padahal manfaat madu lainnya jika dikonsumsi sebelum tidur bisa menurunkan berat badan.

Dengan mengkonsumsi madu mampu membakar lemak dengan cepat, sekaligus meningkatkan fungsi hati.

5. Madu bisa memasok energi lebih banyak karena memiliki kandungan karbohidrat sekitar 80%. Sehingga membuat kita akan memiliki energi berlebih saat bangun pagi, dan badan menjadi lebih segar sehingga aktivitas menjadi lancar.

6. Meskipun rasanya manis, madu menjadi salah satu obat dalam membantu proses penyembuhan diabetes. Madu mempunyai kandungan alkaloid yang tinggi membuat madu bisa digunakan untuk pengobatan.

Selain itu madu tidak berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah secara cepat karena kadar gula dalam madu relatif kecil.

Sangat disarankan untuk konsumsi madu hitam dalam kadar secukupnya bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Baca juga: Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan Wajah

7. Madu dipercaya dapat menjadi obat untuk penyakit maag, namun pengobatan kimia yang berlebihan bisa menyebabkan efek samping.

8. Senyawa purin yang ada di tubuh dipercaya dapat dinetralkan dengan minum madu karena senyawa tersebut bisa memicu kadar asam urat menjadi tinggi.

Meskipun konsumsi madu bisa menurunkan kadar asam urat, namun kita bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif.

9. Berdasarkan penelitian, khususnya madu hitam dipercaya mengurangi risiko kanker. Kandungan flavonoid atau anti oksidan pada madu hitam secara rutin, bahkan madu dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker pada payudara dan menurunkan risiko kanker pada lambung.

10. Dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin, kita mampu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Madu hitam bisa menurunkan risiko aterosklerosis atau plat yang menyebabkan sumbatan pada pembuluh arteri. Dengan begitu, pembuluh darah dan jantung dapat berfungsi dengan baik.

11. Mengkonsumsi madu hitam dapat menyembuhkan penyakit alzheimer yang diderita oleh lansia. Karena alzheimer merupakan sebuah kondisi ketika kemampuan berfikir mulai berkurang dan umumnya terjadi pada usia 65 ke atas.

Untuk mencegahnya, kita bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak flavonoid salah satunya yang berasal dari madu hitam.

12. Manfaat madu untuk wajah  dapat melembabkan kulit, wajah terlalu kering dengan caranya kita bisa langsung mengoleskan madu seperti saat menggunakan masker.

Tunggu sampai kering lalu bilas dengan air bersih, dan keringkan wajah. Lakukan perawatan tersebut selama beberapa kali secara rutin dalam sepekan untuk menghasilkan wajah lembab dan sehat.

13. Madu memiliki kandungan anti inflamasi sehingga bisa mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat.

Tidak hanya menyembuhkan jerawat saja, madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat.

Berikut cara untuk memanfaatkan, kita bisa langsung mengoleskan madu ke wajah, kemudian tunggu beberapa menit lalu bilas.

Selain menggunakan madu murni, kita juga bisa mencampurkan madu dengan bubuk kunyit.

14. Untuk mengatasi masalah bibir kering, kita bisa menggunakan madu. Caranya, dengan mengoleskan madu sebelum tidur seperti saat menggunakan lip balm atau pemoles bibir.

Lalu, keesokan harinya kita akan merasakan manfaat madu dan mendapaati bibir yang lebih lembab.

15. Manfaat madu untuk memutihkan atau mencerahkan wajah. Banyak orang terutama kaum hawa mendambakan kulit yang bersih dan cerah menjadi idaman.

Banyak produk kecantikan yang menjanjikan bisa memutihkan kulit dalam waktu sekejap, namun itu belum tentu aman.

(*Dadang/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: 15 Manfaat Madu untuk Kesehatan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *