Pasang

Selain Mencegah Bau Mulut, Ini Manfaat Buah Apel Lainnya yang Wajib Anda Ketahui

  • Bagikan
Buah Apel
Buah apel. (Foto: pixabay.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Buah Apel merupakan makanan favorit kebanyakan orang dan banyak ditemukan di berbagai daerah dan di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern.

Buah yang satu ini diketahui rendah kalori serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

Pasang

Di samping itu, buah apel juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid, dan pektin yang baik bagi kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, bahkan bisa mengurangi bau mulut.

Dikutip dari Sinergi Jatim, berikut adalah beberapa manfaat buah apel yang perlu Anda ketahui sebelum mengonsumsinya.

1. Mengatasi bau mulut

Kandungan senyawa pektin dalam apel dapat meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan mulut dan mengontrol bau makanan dalam mulut.

Di sisi lain, buah apel juga dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal, kanker paru-paru, kanker mulut, dan kanker payudara.

Baca Juga: 5 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil, Dapat Mencegah Anemia dan Bayi Terlahir Cacat

Hal ini lantaran kandungan antioksidan dan antiradang yang terdapat di dalamnya. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ini.

2. Menjaga kesehatan otak

Di dalam buah apel terdapat kandungan antioksidan kuersetin dan flavonoid yang dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan.

Selain itu, kulit apel juga mengandung antioksidan tinggi yang diketahui mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Wanita Memiliki Inner Beauty

Bahkan pada sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan stroke.

3. Menurunkan risiko terkena diabetes

Manfaat buah apel lainnya yakni dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini, karena kandungan finonutrien di dalam buah apel berfungsi untuk mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, menghambat proses pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam apel juga berperan dalam menjaga kesehatan dan menurunkan risiko terjadinya komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes.

4. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Selain beberapa nutrisi di atas, buah apel juga kaya akan serat yang bisa melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

Untuk mendapatkan manfaat buah apel dengan maksimal, Anda disarankan mengonsumsinya dengan kulitnya, sebab kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Tak hanya itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi untuk bakteri baik di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.

5. Menjaga Kesehatan dan fungsi jantung

Manfaat buah apel juga dapat menjaga kesehatan dan fungsi jantung. Dengan rutin mengonsumsi 1–2 buah apel dalam sehari diketahui mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Jadi, mengonsumsi buah ini juga bisa membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Di sisi lain, mencegah penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri juga merupakan salah satu manfaat apel.

Hal ini berasal dari kandungan pektin, fitonutrien, dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

Itulah ulasan mengenai 5 manfaat buah apel yang wajib Anda ketahui.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *