Pasang

Selain Menjaga Kesehatan Otak, Ini Manfaat Buah Anggur Merah

  • Bagikan
Buah anggur merah
Buah anggur merah (Foto: [email protected])

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Anggur merupakan salah satu buah yang dikenal mengandung kaya antioksidan dan tumbuh dimana saja serta tidak terlalu bergantung pada iklim.

Buah ini banyak macam warnanya,bmisalnya anggur yang berwarna hitam, ungu, dan hijau. Selain itu ada anggur yang berbiji dan tidak berbiji.

Pasang

Salah satunya buah anggur merah yang memiliki rasa sedikit asam dan masih ada manis-manisnya, namun tetap saja membuat banyak orang menyukainya.

Tidak hanya itu saja, buah tersebut juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah anggur merah bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Melawan penuaan dini
Buah ini juga kaya akan kandungan antioksidan lainnya seperti quercetin. Dimana, antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh.Radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh.

Kerusakan sel ini yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

Baca juga: Kenali 10 Manfaat Buah Juwet bagi Kesehatan

2. Menurunkan berat badan
Khasiat lainnya yang terkandung pada buah anggur merah yakni, dapat menurunkan berat badan, dimana terdapat kandungan karbohidrat dan lemak baik yang dihasilkan dari buah anggur ini dapat mengontrol nafsu makan yang berlebihan pada tubuh.

Kalian cukup konsumsi 6-8 biji buah anggur sehari 2 kali, maka kalian akan merasa kenyang dan tidak ingin makan.

Dan untuk kalian yang sedang menjalani program diet. Buah ini sangat cocok untuk dimasukkan dalam daftar menu makanan sehatnya.

3. Baik untuk Kesehatan tulang
Tidak hanya sebagai sumber antioksidan tinggi, manfaat buah anggur juga memiliki banyak nutrisi baik untuk tulang seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan vitamin K.

Rutin mengkonsumsi buah anggur setiap hari dapat mencegah osteoporosis dan radang sendi.

4. Menurunkan tekanan darah
Secangkir buah anggur mengandung 288 miligram kalium, atau bisa mencukupi enam persen kebutuhan kalium harian tubuh.

Mineral ini diperlukan untuk mengontrol kadar tekanan darah dalam tubuh. Kurangnya asupan kalium sering meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

5. Potensial melawan kanker
Kombinasi senyawa antioksidan resveratrol, quercetin, antosianin, dan katekin potensial untuk membantu mencegah sekaligus mendukung pengobatan penyakit kanker.

Antioksidan ini bisa membantu melawan kanker dengan cara mengurangi peradangan, menghalangi pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker.

Beberapa penelitian terbatas maupun laboratorium membuktikan manfaat anggur ini potensial melawan penyakit kanker usus dan kanker payudara.

6. Menjaga kesehatan otak
Khasiat anggur merah juga bisa dirasakan oleh otak anda. Kandungan resveratrol dalam buah anggur merah dipercaya mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, pada penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa anggur sebagai salah satu buah yang bisa membantu menyegarkan pikiran.

Vitamin dan rasa segar pada buah anggur bahkan bisa membuat otak semakin cerdas, kemampuan mengingat semakin baik, dan bikin bahagia.

(*Ikke/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: 6 Khasiat Anggur Merah Untuk Kesehatan Tubuh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *