Pasang

Selain Menurunkan Tekanan Darah, Ini Dampak Buruk Sering Mandi Air Hangat

  • Bagikan
Ilustrasi mandi dengan air hangat
Ilustrasi mandi dengan air hangat (Foto: [email protected])

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Mandi dan membersihkan diri adalah kebutuhan setiap orang dalam sehari-hari yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Saat memasuki musim penghujan pasti kalian merasa malas untuk mandi, apalagi diwaktu pagi dan malam hari.

Pasang

Salah satu cara untuk mengatasi rasa kedinginan saat mandi di musim penghujan adalah dengan cara mandi menggunakan air hangat.

Namun perlu kalian ketahui bahwa suhu air hangat yang ideal untuk mandi yaitu di angka 37°C, tidak melebih 43°C, itu dilakukan hanya sekali atau dua kali saja dalam seminggu.

Karena jika terlalu sering mandi dengan air hangat maka akan ada beberapa pengaruh buruk pada kondisi kesehatan tubuh kalian.

Nah, Berikut Sinergi Madura rangkum dampak buruk jika terlalu sering mandi air hangat:

1. Menurunkan Tekanan Darah
Hal ini dapat menyebabkan kepala menjadi pusing dan berputar, bahkan kehilangan kesadaran.

Di sebabkan oleh suhu tinggi yang menyentuh kulit aka melebarkan pembuluh darah yang berpengaruh pada menurunnya tekanan darah pada tubuh. Sehingga kinerja jantung terpaksa memompa darah lebih keras.

Baca juga: Ini Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

2. Mempengaruhi Keseimbangan Suhu Tubuh
Terlalu sering mandi air hangat akan membuat kulit tidak dapat mengeluarkan panas dari dalam tubuh, sehingga suhu tubuh menjadi lebih panas.

Hal tersebut akan membuat tubuh mengalami hipotermia saat keluar kamar mandi, karena terkena suhu udara di sekitar yang jauh lebih rendah.

3. Membahayakan Kesehatan Janin
Bagi ibu hamil terlalu sering mandi dengan air hangat dapat berakibat cacat lahir pada bayi. Seperti kelainan tulang belakang dan otak pada bayi.

Disarankan untuk menggunakan air dingin atau air dengan suhu ruangan untuk mandi pada pagi hari.Sedangkan pada malam hari, sah-sah saja jika sesekali mandi air saat tubuh untuk merilekskan tubuh dan menghilangkan stres.

Berikut ini, beberapa contoh dampak terlalu sering mandi menggunakan air hangat terhadap sistem atau organ tubuh bagian dalam.

Mandi dengan air hangat memang dapat menghilangkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Namun segala sesuatu itu akan menjadi tidak baik apabila di lakukan melebihi batas normalnya.

Sebaiknya kalian tetap mandi menggunakan air dingin di saat pagi meskipun suhu di cuaca seperti ini terasa lebih sejuk di banding pada musim kemarau. Karena suhu dingin di pagi hari bisa menambah semangat kalian untuk beraktivitas.

(*Nia/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Resiko Terlalu Sering Mandi Air Hangat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *