Pasang

Selain Menyehatkan Mata, Ini Khasiat Jagung bagi Kesehatan

  • Bagikan
Buah jagung
Buah jagung¬† (Foto: [email protected])

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Jagung merupakan jenis tanaman pangan yang tumbuh di Indonesia dan sebagai salahsatu penghasil sumber karbohidrat.

Biasanya tanaman pangan ini banyak ditemui di Pulau Madura, karena sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat di sana.

Pasang

Tak hanya saja, jagung ini banyak ditemui di daerah lain dan sudah menjadi camilan istmewa seperti dibuat jasuke (jagung, susu, keju) dan banyak olahan lainnya.

Seiring dengan meningkatnya olahan jagung,  maka perlu kita ketahui ternyata tanaman pangan ini juga memiliki kandungan dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lantas seperti apa manfaat bagi tubuh kita saat mengonsumsi jagung?

Baca juga: Beberapa Khasiat Bunga Melati, Ampuh Sembuhkan Luka

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat dan khasiat jagung bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Melancarkan saluran pencernaan
Khasiat yang pertama dari tanaman buah jagung yakni, dapat melancarkan saluran pencernaan dalam tubuh.

Sebagian orang banyak mengalami sembelit, dimana masalah ini terjadi pada saluran pencernaan karena kurangnya asupan serat pada tubuh sehingga susah untuk buang air besar.

Namun, dengan mengkonsumsi jagung masalah sembelit yang kita alami akan berangsur membaik. Karena jagung yang mengandung tinggi serat dapat mengatasi saluran pencernaan yang anda alami.

Cukup dengan mengkonsumsi sehari sekali setiap hari secara rutin dan masalah susah buang air besar yang kita alami.

2. Menangkal radikal bebas
Jagung mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Dimana kandungan antioksidan dalam jagung yang baik untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, serta penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat jagung di atas, pilihlah jagung dengan kondisi baik dan cuci jagung hingga benar-benar bersih sebelum mengonsumsinya.

Setelah dicuci, jagung dapat dimasak dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus hingga matang.

3. Mencegah depresi
Khasiat lainnya yang terdapat pada jagung yakni dapat mencegah depresi. Karena kandungan magnesium yang terdapat pada 1 tanaman jagung ini dipercaya dapat mencegah depresi bagi orang yang akan mengalami masalah tersebut.

Caranya pun sangat mudah cukup memilih jagung yang paling baik, lalu dikupas dari kulitnya dicuci bersi, lalu rebus jagung sekitar 10 sampai 15 menit. Lalu angkat dan tiriskan pada wadah kering dan setengah hangat baru jagung dapat dikonsumsi.

4. Menyehatkan mata
Jagung mengandung antioksidan zeaxantin dan lutein. Jenis nutrisi ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata.

Beberapa studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi jagung dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula dan katarak.

Dengan mengkonsumsi rebusan jagung minimal dua kali sehari setiap hari secara rutin dan anda akan jauh dari penyakit mata.

(*Ganes/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Jangan Sepelehkan Jagung! Tanaman Hotikultura Segudang Khasiat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *