Pasang

Sering Alami Kram Saat Bersepeda, Ini Tips Ampuh Mengatasinya

  • Bagikan
Bersepeda
Ilustrasi gowes atau bersepeda. (Foto: kilat.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Melakukan aktivitas olahraga, apapun bentuknya memang rentan mengalami kram, terutama saat gowes atau bersepeda. Ini terjadi lantaran kurangnya pemanasan sebelum melakukan kegiatan menyehatkan tersebut.

Memang tingkat pemanasan akan berbeda antara satu olahraga dengan olahraga lainnya. Karena itu, ada baiknya jika saat melakukan olahraga kita mengawalinya dengan yang ringan terlebih dahulu agar tidak kram atau cidera.

Pasang

Pasalnya, bila tak segera diatasi, cedera dan kram bisa memperburuk kondisi fisik seseorang.

Ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan oleh para pesepeda untuk mencegah masalah tersebut.

Sebaiknya, saat Anda melakukan kegiatan bersepeda harus mengenali kondisi tubuhnya. Cara tersebut menjadi langkah pertama yang mesti dipraktikkan oleh siapapun.

Berikut ini cara ampuh mengatasi kram atau cidera saat bersepeda, sebagaimana dikutip Sinergi Madura dari berbagai sumber.

1. Mengenal Kemampuan Diri Sendiri

Mengenali kemampuan diri sendiri saat gowes atau bersepeda merupakan upaya yang sangat penting, sebab tak kenal diri sendiri ketika berolahraga itu pangkal cedera.

Baca Juga: 6 Manfaat Gowes Sepeda Bagi Kesehatan Tubuh

2. Lakukan Pemanasan Sebelum Bersepeda

Sebaiknya, sebelum Anda bersepeda harus melakukan pemanasan, dan selalu tahu kapan harus istirahat, serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

3. Jagalah Fleksibilitas Sendi

Setiap bersepeda, jagalah fleksibilitas dan mobilitas sendi dan alat gerak. Jika terasa lelah, Anda harus menepi untuk istirahat.

Anda harus melatih dirinya dengan bijaksana, bukan melatih diri dengan keras dan sekencang-kencangnya, karena justru akan memicu terjadinya cedera.

4. Jangan Paksakan Diri Jika Tidak Siap

Olahraga gowes bukanlah suatu ajang untuk gaya. Bersepeda tidak boleh memaksakan diri, apalagi kalau fisiknya tidak siap.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *