Pasang

Sering Kerja di Depan Laptop, Inilah Cara Agar Mata Tetap Sehat

  • Bagikan
Ilustrasi kerja di depan laptop
Mata terasa lelah seharian di depan laptop (Foto: Aladokter)

TIPS, SINERGI MADURA –  Menjaga tubuh saat melakukan sebuah pekerjaan merupakan hal yang sangat penting dan utama, agar tubuh tetap sehat.

Di Indonesia, banyak orang yang menemukan pekerjaanya di bidang masing-masing, mulai dari menjadi pedagang, petani, aparatur negara, hingga menjadi pekerja kantoran.

Pasang

Nah, bagi pekerja kantoran umumnya ia akan bekerja secara terus menurus dengan komputer atau laptopnya, tentu hal itu dianggap enak oleh sebagian orang karena kerjaannya bukan di luar.

Namun, perlu kalian ketahui seenak atau senyaman apapun pekerjaan tersebut, pasti akan ada resikonya, utamanya bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya, saat kalian menatap layar komputer atau laptop secara terus menerus, tentu hal itu akan menyebabkan kondisi mata menjadi lelah.

Dengan demikian, ketika sinar layar tersebut berlebihan, maka dapat mengakibatkan mata gatal atau terasa terbakar, hal itulah yang akan memicu rusaknya pada mata.

Maka yang paling utama, kalian harus melakukan pengaturan posisi pada komputer dan pencahayaan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Lelah saat Bekerja

Berikut beberapa tips, yang perlu kalian lakukan untuk mencegah rusaknya mata pada saat menatap layar, antara lain:

1. Usahakan agar monitor sejajar dengan arah pandang mata kalian, kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari mata.

2. Miringkan layar monitor sebanyak 19 hingga 20 derajat ke arah belakang. Hal ini berguna untuk mendapatkan jarak pandang yang optimal.

3. Atur tidak terlalu silau atau terlalu redup cahaya monitor. Gunakan filter atau pelindung anti-silau agar tidak terlalu silau. Jangan lupa untuk mengatur brightness untuk mendapatkan kontras yang tepat antara huruf dan latar belakang. Jika melihat adanya flicker pada layar komputer, sebaiknya segera ganti monitor kalian.

4. Jika membaca dokumen yang panjang atau menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama, cobalah untuk menggunakan layar komputer serta ukuran huruf yang lebih besar. Ada baiknya menggunakan layar komputer LCD karena lebih bisa diterima dengan baik oleh mata.

5.  Atur tinggi-rendah kursi dan senderan punggungnya. Selain itu, gunakan juga alas kerja atau meja yang stabil dan tidak mudah goyah.

(*Dadang/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata !)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *