Siltap Kades di Sumenep Setara ASN Golongan II

Siltap Kades di Sumenep Setara ASN Golongan II
Ilustrasi siltap Kades Sumenep (Doc Sinergi Madura)

SUMENEP, SINERGI MADURA - Memasuki tahun 2021, Penghasilan Tetap (Siltap) pemerintah desa di Sumenep mengalami kenaikan. Siltap bulanan kepala desa setara dengan aparatur sipil negara (ASN) golongan II, yakni Rp3 juta.

Kenaikan Siltap tersebut disampaikan Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Supardi. Menurutnya kenaikan tersebut tidak lagi melihat besaran alokasi  dana desa (ADD).

"Untuk tahun ini memang ada kenaikan sedikit, tidak terlalu banyak. Siltap Kades Rp3 juta, Sekdes Rp2 juta 550 ribu, dan untuk aparatur yang lain dibulatkan menjadi Rp2 juta 250 ribu," ungkapnya kepada media ini, Rabu (13/01/2021).

Sedangkan untuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD) naik menjadi Rp1 juta setiap bulan. Pada tahun 2020 kemarin, lanjut Supardi menjelaskan, Siltap Kades masih sekitar Rp 2.5 juta, sedangkan Sekdes di bawahnya, yakni sebesar Rp2 juta 250ribu.

Baca Juga: Subsidi Pupuk 2021, Dispertan Sampang Siapkan 35.000 Ton

Kenaikan Siltap ini, kata dia, karena melihat tugas dan fungsi pemerintah desa di masa pandemi juga mengalami penambahan. Pihaknya berharap, naiknya penghasilan bulanan tersebut diharapkan dapat lebih mengoptimalkan kinerja pemerintah desa.

"Kenaikan ini semoga bisa meningkatkan kinerja pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga dalam membangun desa menjadi lebih baik," ucapnya.

Pemerhati dari Surabaya Institute Governance Studies, Rizkita Bethari menyampaikan, kenaikan Siltap bagi pemerintah desa di Sumenep wajib dilaksanakan. Namun demikian, pemerintah desa diharapkan lebih giat mengupdate pelayanan dan memperjuangakan pembangunan desa.

"Dari kenaikan Siltap Pemdes ini saya berharap pelayanan dan perencanaan pembangunan infrastruktur di tingkat desa bisa menjadi prioritas, khususnya untuk Sumenep ya," pungkasnya. (us/md/fd)


(*)