Soroti Kekeringan, Gelora Bangkalan Duduki Dinas PUPR

Soroti Kekeringan, Gelora Bangkalan Duduki Dinas PUPR
Orasi Pemuda Gelora Dinas PUPR (Moh. Sainuddin - Sinergi Bangkalan)

BANGKALAN, SINERGI MADURA - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Gerakan Loyalis Perubahan (Gelora) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur menggelar unjuk rasa di depan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). 

Demo kali terbilang cukup unik, sebab para demonstran menggunakan pakaian ala santri. Kebetulan, setiap tanggal 22 Oktober memang diperingati sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

Meski demikian, para demonstran tetap semangat menggelora menyampaikan tuntutan yang menyangkut dengan persoalan kemaslahatan masyarakat Bangkalan.

Saya datang kesini karena permasalahan air. Karena 80% daerah Kabupaten Bangkalan mengalami kekeringan," lantang Koordinator Aksi, Munawir, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga: Lagi Gelora Demo Dinas Pendidikan Bangkalan

Beberapa saat kemudian, mereka disambut oleh Kepala Dinas PUPR setempat. Selanjutnya, mereka memasuki ruang rapat untuk serap aspirasi.

Menanggapi soal kekeringan itu, Kepala Dinas PUPR Bangkalan, Ishaq Sudibyo mengatakan, saat ini pihaknya masih belum bisa mengambil sikap tegas. Sebab, anggaran yang bersumber dari 
Dana Alokasi Khusus (DAK) masih diprioritaskan untuk penanganan Covid-19.

"Memang sumber daya air ada dan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tapi dana itu kena pangkas (refochusing,rer)," terangnya. (ms/an/fd)


(*)